Yotam Buringai yang tewas di dekat anggota KKB OPM Satgas Perdamaian Kartanz mengungkapkan, dirinya terlibat dalam penembakan Wing Air dan 9 kasus lainnya.

Uncategorized116 Dilihat

TEMPO.CO, Jakarta – Kepala Satgas Perdamaian Cartesian Komisaris Faizal Rahmadani K.K.B OPM Pria yang tewas dalam kebakaran Kali Brasa, Dekai diketahui bernama Otniel Giban Bolong Giban. Otniel Giban disebut-sebut merupakan anggota KKB Ndugama yang beroperasi di Batalyon Wasak pimpinan Yotam Buriange.

Identitas tersebut terungkap setelah para anggota melakukan penyelidikan terhadap para anggotanya. K.K.B Selain tewasnya Otniel Giban yang tewas dalam penembakan di Kali Brasa, Dekai pada Kamis 22 Februari 2024, dua anggota KKB ditangkap dan disita 74 peluru berbeda, Ketua Satgas Perdamaian Cartenza, Kombes Faizal Rahmadani, lapor. di antara Di Jayapura, Papua, Sabtu 24 Februari 2024

Baku tembak antara Satgas Gabungan Satgas Perdamaian Kartanz dengan Satgas 7 Korps Marinir terjadi sebagai respons terhadap gangguan penembakan terhadap pesawat Air Wing IW 1646 ATR 700 PK WGT pada Sabtu, 17 Februari yang mengakibatkan jatuhnya pesawat. penumpang. Mereka rusak karena terkena pecahan kaca. “Seorang penumpang bernama Pratu Ongen R. Dori anggota CODIM 1715 Yahukimo mengalami luka di leher bagian kiri akibat terkena pecahan kaca yang ditembaknya,” ujarnya.

Kompol Faisal mengatakan, Otniel Giban alias Bolong Giban masuk dalam Daftar Pencarian Orang (DPO) Polres Yahukimo sejak Agustus 2022 karena keterlibatannya dalam 10 kasus pidana. Kasus yang terkait dengan Otniel Giban antara lain penembakan dan kematian Ivandi Thiakoli di Kali Ey, Distrik Seradala pada 5 Maret 2022, dan penyerangan terhadap warga sipil di Kabupaten Nduga pada 16 Juli 2022 di Desa Nogolite, Distrik Kenyam.

Kemudian pada tahun tersebut Pada tanggal 19 Juli 2022 terjadi kebakaran di Desa Nogolite, Kabupaten Nduga, Kenyam, menyergap masyarakat sipil, dan pada tanggal 25 Juli 2022, Jalan Kenyam-Batas Batu Zang, Distrik Krepkuri, Kabupaten Nduga, membakar alat-alat berat milik PT dan merampas ponsel. Tunas Jaya Irian 4 Agustus 2022 Rusak empat senjata berat. Penyerangan terhadap anggota Kodim 1715 Yahukimo mengakibatkan Pratu Lucas Wormbai meninggal dunia, 1 Maret 2023, di Jalan Yahuli, Komplek Y, Distrik Dekai, Provinsi Yahukimo.

Baca Juga  Profil Mar Galcera, anggota parlemen Spanyol dengan sindrom Down

iklan

Di tahun 21 Agustus 2023 Pratu Agung Pamuji Lakosono tewas di Jalan Yahuli, Kecamatan Dekai, Provinsi Yahukimo, Sungai E, Kabupaten Seradala, Provinsi Yahukimo Pembunuhan seorang pendulang emas pada penembakan 16 Oktober 2023 yang menyebabkan 13 orang tewas dan luka-luka. Di tahun .

“Juga pada tanggal 17 Februari terjadi penembakan terhadap pesawat Wing Air yang terjadi di kawasan Bandara Nop Goliath Dekai Kabupaten Yahukimo,” jelas Kompol Faisal. Yotam Buriange merupakan mantan anggota TNI dari Yonif 756/MWS yang buron sejak Desember 2021 dengan senjata SS 1.

Pilihan Redaksi: Anggota TNI dan Polri 1 KB OPM menembak jatuh pesawat Wing Air di Yahukimo.



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *