Upaya Atasi Polusi Udara Jakarta, Kadis LH Larang Kendaraan yang Belum Lulus Uji Emisi Parkir di Kantor Ini

Tak Berkategori144 Dilihat

Losergeek.org.CO, Jakarta – Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta Asep Kuswanto melarang kendaraan yang belum lulus uji emisi parkir di area kantornya sebagai bagian dari upaya mereduksi polusi udara Jakarta. Larangan ini juga berlaku di kantor Suku Dinas LH dan Unit Pelaksana Teknis (UPT) mulai 24 Agustus 2023.

“Mulai Kamis 24 Agustus 2023 dan seterusnya kendaraan yang tidak lulus uji emisi dilarang memasuki kawasan kantor Dinas LH, UPT dan Sudin LH,” kata dia dalam keterangan tertulis yang diterima Tempo, Senin, 21 Agustus 2023.

Asep mewajibkan kendaraan yang akan diparkirkan di kantor Dinas LH, Sudin LH, dan UPT harus lulus uji emisi mulai hari ini. Menurut dia, kendaraan yang lulus uji emisi diperbolehkan parkir di area kantor dinas. 

Jika tidak, maka kendaraan harus parkir di luar area kantor dinas. Pemilik kendaraan pun akan diimbau untuk melakukan uji emisi di bengkel Dinas LH atau Sudin LH setempat pada 21-22 Agustus 2023. 

“Pengecekan kendaraan karyawan, KDO (kendaraan dinas operasional), dan tamu dilakukan oleh Pamdal (pengamanan dalam) setempat melalui aplikasi ujiemisi.jakarta.go.id.,” ujar Asep. 

Pemilik kendaraan, dia melanjutkan, harus terlebih dulu mendaftar melalui aplikasi JAKI atau situs ujiemisi.jakarta.go.id jika mau uji emisi di Bengkel Prasarana. 

Iklan

Cara lain untuk meningkatkan kualitas udara Jakarta adalah dengan mewajibkan seluruh pegawai Dinas LH, Sudin LH, dan UPT menggunakan transportasi umum atau kendaraan rendah emisi (EV, sepeda, dan lain-lain) setiap Rabu.

“Sebelum kami menuntut masyarakat untuk mengubah perilaku dan membebani mereka dengan berbagai kewajiban, alangkah baiknya dimulai dari internal kami sendiri,” ucap Asep.

Anak buah Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono itu menyebutkan pencemaran dan polusi udara Jakarta menjadi isu sentral yang hangat serta trending di masyarakat beberapa waktu terakhir. 

Pilihan Editor: JIS Jadi Venue Piala Dunia U-17, Warga Eks Kampung Bayam Heran Tenda Mereka Dibiarkan Pemprov DKI



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *