TKN menjelaskan alasannya terlibat dalam pembentukan kabinet Jokowi dan menyusun kebijakan Prabowo-Gibran

Uncategorized156 Dilihat

TEMPO.CO, Jakarta – Anggota Dewan Pakar Kelompok Kampanye Nasional atau TKN Prabowo-GibranDradjad Wibowo, Presiden Joko Widodo atau menjelaskan alasannya Jokowi Ia masih terlibat dalam pembentukan kabinet dan penyusunan kebijakan Prabowo-Gibran. Kamp nomor dua menang pemilu 2024 Berdasarkan hasil Hitung cepat Atau lakukan perhitungan cepat.

Tentu Presiden Jokowi akan punya peran besar dalam pembentukan pemerintahan Prabowo-Gibran, kata Dradjad melalui pesan WhatsApp, Sabtu, 24 Februari 2024.

Alasan pertama, jelas Dradjad, visi dan misi Prabowo-Gibran dibangun berdasarkan kebijakan dan prestasi Presiden Jokowi serta pemerintahan sebelumnya, Susilo Bambang Yudhoyono dan Megawati Soekarnoputri. Visi dan misi tersebut meliputi Astasita, delapan program prioritas utama dan 17 program prioritas.

Alasan kedua, kata Dradjad saat kampanye, adalah karena Prabowo-Gibran selalu ingin melanjutkan, mempercepat, dan memperluas kebijakan-kebijakan Jokowi. Kebijakan tersebut mulai dari ibu kota negara atau IKN Nusantara, perampingan, pembangunan infrastruktur, hingga bantuan sosial atau bansos. Tentu peran Presiden Jokowi akan sangat besar, ujarnya.

Alasan ketiga, kata Dradjad Tingkat persetujuan Jokowi tinggi. Semua pakar politik menyebut popularitas Jokowi sangat tinggi dan berpengaruh terhadap kemenangan Prabowo-Gibran. Ia mengatakan, kemenangan tersebut menunggu pengumuman resmi dari Komisi Pemilihan Umum atau KPU.

“Jadi dari segi popularitas dan Tingkat persetujuan “Ini sangat tinggi, mempunyai pengaruh politik yang besar di kancah politik Indonesia,” ujarnya.

iklan

Sebelumnya, Direktur Jenderal Pengukuran Politik Indonesia Adi Prayeto menilai Presiden Joko Widodo alias Jokowi akan mempengaruhi susunan kabinet Prabowo-Gibran setidaknya hingga 20 Oktober 2024. Hari itu merupakan hari pelantikan Presiden dan Wakil Presiden terpilih. Untuk periode 2024-2029.

“Sebelum 20 Oktober, Jokowi mungkin masih punya pengaruh soal komposisi kabinet,” kata Adi saat dihubungi melalui pesan WhatsApp, Sabtu, 24 Februari 2024.

Baca Juga  Ducati Panigale V4 dan Panigale V2 menghadirkan Edisi Juara Dunia MotoGP, WorldSBK dan WorldSSP

Namun setelah 20 Oktober 2024, Jokowi menyatakan tidak ada jaminan dirinya akan terus berpengaruh. Sebab menurutnya, Prabowo adalah presiden yang sah sejak saat itu. “Tidak ada jaminan setelah tanggal 20 Oktober. Karena Prabowo akan menjadi presiden yang sah,” kata Adi.

Pilihan Editor: DPR bisa memakzulkan Presiden Jokowi, kata para ahli



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *