Thailand Ingin Wisatawan Bawa Uang Tunai Rp 6,5 Juta, Sandiaga: Tour Indonesia Saja

Uncategorized111 Dilihat

TEMPO.CO, Jakarta – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraft) San Diego Uno mengimbau masyarakat Indonesia untuk melakukan perjalanan di dalam negeri dibandingkan ke luar negeri Thailand. Apalagi sekarang Thailand mewajibkannya Turis asing Membawa minimal Rp 6,5 juta.

“Iya, tidak perlu ke Thailand. Ke Indonesia saja,” kata Sandiaga saat ditemui di Kantor Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Selasa, 26 Februari 2024.

“Jika Anda menabung dan bekerja di Indonesia, belanjakanlah uang tersebut di Indonesia.”

Sandiaga juga menyatakan tidak setuju dengan pendekatan uang saku minimal Rp 6,5 juta. Meskipun dampak ekonomi dari aktivitas pembelian mungkin lebih jelas terlihat.

Pasalnya, menurut San Diego, pariwisata bukan hanya untuk pasar. Dikatakannya, kedatangan wisatawan pada acara tersebut dapat memberikan kontribusi terhadap pengetahuan, perlindungan lingkungan, dan kegiatan wisata spiritual.

“Pariwisata tidak hanya harus mengeluarkan uang,” kata Sandiaga.

Seperti diberitakan sebelumnya, Thailand kembali menerapkan aturan bagi wisatawan asing atau wisatawan yang ingin menikmati negeri gajah putih. Kedutaan Besar Republik Indonesia atau KBRI Thailand @indonesiainbangkok Laporkan akun Instagram KBRI Ada beberapa syarat yang harus diperhatikan wisatawan yang ingin masuk ke Thailand. Jika persyaratan ini tidak dipenuhi, turis atau pengunjung tersebut akan ditolak masuk oleh imigrasi Thailand.

Berdasarkan peraturan imigrasi Thailand, warga negara asing yang melakukan kunjungan singkat bebas visa ke Thailand harus menunjukkan kemampuan finansial untuk menunjang kebutuhan sehari-hari selama berada di sana. Wisatawan asal Indonesia menjadi salah satu negara yang bisa masuk ke Thailand tanpa visa.

Ada empat syarat yang harus dipenuhi. Persyaratan tersebut adalah paspor yang masih berlaku lebih dari 6 bulan, tiket pesawat yang masih berlaku untuk kembali ke Indonesia, pemesanan akomodasi atau hotel selama berada di Thailand, dan terakhir, paspor dengan bukti finansial untuk menutupi biaya hidup di sana.

Baca Juga  Okupansi Hotel di Yogyakarta Meleset dari Target Saat Libur Lebaran, Kenapa?

Bukti pembayaran ditunjukkan dengan membawa uang tunai. Menurut KBRI Thailand, pihak Imigrasi tidak merinci persyaratan berapa jumlah uang tunai yang harus ditunjukkan. Namun tergantung open source, disarankan untuk membawa uang tunai sekitar THB 15.000-20.000 atau Rp 6,5 juta per orang.

RIRI RAHAYU | DEWI RINA KAHYANI

Pilihan Editor: Powerboat F1 Direbut Kembali di Danau Toba, San Diego Uno: Dampak Ekonomi Rp 500 Miliar



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *