Tamu Jokowi Ini Profil Pro Demokrasi Presiden Tanzania Samia Suluhu Hasan

Uncategorized107 Dilihat

TEMPO.CO, JakartaSamia Suluhu HassanPresiden wanita pertama b Tanzaniaadalah tamu Presiden. Jokowi Kamis 25 Januari 2024 Ini merupakan kunjungan pertamanya ke Indonesia.

Seluh memakai topi dan menarik perhatian masyarakat Indonesia. Dia disambut oleh presiden Kastil Bogor.

Siapa saya? Di tahun Wanita kelahiran 27 Januari 1960 ini tumbuh sebagai politisi sejak kecil. Dia menjabat sebagai presiden pada Maret 2021 setelah pendahulunya, John Magufuli, meninggal.

Ia langsung menarik perhatian ketika pendahulunya, John Magufuli, mencabut larangan unjuk rasa politik pada Januari 2023, enam setengah tahun lalu, yang menyebabkan bentrokan berulang kali antara pemimpin oposisi dan polisi.

Di tahun Berdasarkan kebijakan Magufuli, yang mulai berlaku pada tahun 2016, politisi terpilih diperbolehkan mengadakan demonstrasi damai di daerah pemilihannya, namun demonstrasi atau protes politik lainnya dilarang.

Di tahun Wanita kelahiran Zanzibar ini menjabat sebagai menteri di pemerintahan semi-otonom dari tahun 2000 hingga 2010. Dari tahun 2010 hingga 2015, ia menjabat sebagai Anggota Parlemen untuk Daerah Pemilihan Makunduchi dan Menteri Negara di Kantor Wakil Presiden untuk Urusan Persatuan. Dari tahun 2010 hingga 2015

Di tahun Pada tahun 2014, ia terpilih sebagai Wakil Ketua Dewan Konstitusi yang bertugas merancang konstitusi baru negara tersebut. Suluhu menjadi wakil presiden perempuan pertama Tanzania setelah pemilihan umum 2015 setelah terpilih bersama Magufuli. Suluhu dan Magufuli terpilih kembali pada tahun 2020.

Sebagai presiden, Sulu menerapkan reformasi demokrasi, membalikkan kebijakan yang diterapkan sebelumnya untuk menekan oposisi politik. Magufuli juga menerapkan kebijakan untuk membatasi penyebaran wabah Covid-19 di Tanzania, yang sebelumnya ia anggap bukan masalah serius. Bidang lain yang menjadi fokus Presiden termasuk pembangunan infrastruktur Tanzania dan globalisasi ekonomi melalui investasi dan pariwisata.

Baca Juga  Libur panjang, pelanggan KA di Daop 9 Sabtu 47 ribu

Antusiasme kuliah

iklan

Ia menyelesaikan sekolah menengah atas pada tahun 1977 dan mulai bekerja sebagai pegawai kantor. Dia menikah dengan Hafiz Amir pada tahun berikutnya. Bersama-sama mereka memiliki tiga putra dan satu putri.

Meski sudah memiliki anak, Suluhu mengambil kursus singkat paruh waktu. Beliau lulus dari Institut Manajemen Pembangunan pada tahun 1986. Antara tahun 1992 dan 1994 ia kuliah di Universitas Manchester di mana ia memperoleh gelar pascasarjana di bidang Ekonomi.

Beliau kemudian memperoleh gelar MSc dalam Pembangunan Ekonomi Komunitas pada tahun 2015 melalui program gabungan antara Open University of Tanzania dan Southern New Hampshire University.

Suluhu menjadi Pejabat Pembangunan di Pemerintah Daerah Zanzibar pada tahun 1988. Dia adalah manajer proyek di Program Pangan Dunia. Di tahun Pada 1990-an, ia ditugaskan di badan yang membawahi organisasi non-pemerintah di Zanzibar.

Di tahun Pada tahun 2000, Suluhu menjadi anggota Dewan Perwakilan Zanzibar dari partai Chama Cha Mapinduzi (CCM) dan diangkat menjadi Menteri Ketenagakerjaan Muda, Perempuan dan Anak Zanzibar.

Ketika dia menjabat, dia mengakhiri larangan ibu baru untuk kembali bersekolah. Dia adalah satu-satunya menteri perempuan namun tidak terlalu diperhatikan oleh rekan-rekan laki-lakinya. Pada tahun 2005, ia diangkat menjadi Menteri Pariwisata dan Bisnis Investasi.

Reuters

Pilihan Editor Menteri Luar Negeri Afrika Selatan dan rombongan di Belanda dijadwalkan mendengarkan keputusan ICJ.



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *