Setuju bermitra dengan Tokopedia, TikTok investasikan Rp 23 triliun di GoTo.

Uncategorized76 Dilihat

TEMPO.CO, Jakarta – PT Goto Gojek Tokopedia Tibicpergi ke) mengumumkan kolaborasi dengan hari ini TIK tok. Melalui kerja sama ini, bisnis Tokopedia dan Tik Tok Shop Indonesia akan digabungkan di bawah PT. Tokopedia. Tiktok bernilai lebih dari 1,5 miliar dolar atau sekitar Rp 23 triliun. Setuju untuk berinvestasi di GoTo Capital.

“TikTok akan melakukan investasi lebih dari US$1,5 miliar sebagai komitmen jangka panjang untuk mendukung operasional Tokopedia, tanpa mengurangi kepemilikan GoTo di Tokopedia lebih lanjut,” kata GoTo dalam keterangan resmi, Senin, 11 Desember 2023.

Transaksi GoTo terjadi di Ia berharap dapat menyelesaikannya pada kuartal pertama tahun 2024. Perseroan mengatakan kesepakatan ini sejalan dengan langkah Goto Group yang memperkuat posisi keuangan dan strategi perseroan untuk memperluas cakupan pasar (total Reachable Market).

Untuk menjamin keberlangsungan upaya PT Tokopedia dalam mendorong perkembangan ekonomi digital nasional, perseroan akan membentuk komite fasilitasi transisi dan integrasi yang dipimpin oleh Patrick Walujo, dengan dukungan perwakilan PT Tokopedia dan TikTok. Goldman Sachs bertindak sebagai penasihat keuangan GoTo Group dalam transaksi ini.

GoTo menilai kolaborasi ini untuk memperkuat pertumbuhan ekonomi digital Indonesia dengan fokus pada pemberdayaan dan perluasan pasar pelaku UMKM nasional. Melalui kemitraan ini, TikTok akan memiliki kendali atas PT Tokopedia. Fitur layanan belanja pada aplikasi Tik Tok di Indonesia akan dioperasikan dan dikelola oleh PT Tokopedia.

iklan

Menurut GoTo, pertumbuhan bisnis Tokopedia pasca merger dengan Tik Tok Shop Indonesia akan menguntungkan GoTo. Pasalnya TikTok akan tetap menjadi mitra ekosistem Tokopedia, termasuk akses pasar layanan keuangan digital yang lebih luas melalui GoTo Financial dan layanan on-demand GoJek.

Baca Juga  Bisakah Orang Narsisis Mengubah Perilakunya? Dengarkan pendapat para ahli

GoTo akan menerima aliran pendapatan dari Tokopedia yang sepadan dengan skala dan pertumbuhan perusahaan. Perusahaan juga berharap kolaborasi ini dapat memperkuat pertumbuhan ekonomi digital Indonesia dengan fokus pada perluasan pasar bagi pelaku UKM tanah air.

Tik Tok, Tokopedia, dan GoTo Group berkomitmen memberikan berbagai manfaat kepada UMKM di Indonesia yang menggunakan platform e-commerce. Perusahaan menyatakan akan mendorong penciptaan jutaan lapangan kerja baru selama lima tahun ke depan.

RIANI SANUSI Putri



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *