Satu orang tertimbun tanah longsor akibat hujan deras di Desa Sental, Bogor.

Uncategorized65 Dilihat

TEMPO.CO, JakartaBadan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bogor sedang mencari Warga Desa Sental, Kabupaten BogorJawa Barat, Minggu sore, 24 Maret 2024 tertimbun tanah longsor. Nada Di Desa Babakan Madang, kejadian tersebut terjadi sekitar pukul 18.00 WIB dan dipicu oleh hujan deras.

Tim BPBD Bogor melakukan penggeledahan sesaat setelah kejadian. Namun demi keselamatan para pengungsi, pencarian terhenti akibat hujan di lapangan. Operasi evakuasi korban yang menumpuk terus dilakukan hari ini, Senin 25 Maret 2024 oleh tim gabungan.

Kepala Pusat Informasi, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB)Menurut Abdul Muhari, longsor yang sama menyebabkan seorang warga sekitar luka-luka dan saat ini dirawat di rumah sakit. Satgas Gabungan juga mengalami banjir setinggi 30-200 sentimeter (cm) di beberapa wilayah lain di Kabupaten Bogor.

Wilayah terdampak banjir berada di Kecamatan Bojonggede, Kecamatan Sukaraja, Kecamatan Sibinong, Kecamatan Kemang, dan Kecamatan Parung, kata Muhari melalui pesan singkat, Senin pagi.

Menurut dia, banjir merendam 959 rumah warga. Total ada lima unit yang rusak ringan. Banjir juga memaksa 219 warga mengungsi ke tempat yang lebih aman. Berdasarkan laporan beberapa tim BPBD, banyak warga yang kembali ke rumah untuk membersihkan rumahnya setelah banjir surut.

iklan

BNPB mengimbau pemerintah daerah dan masyarakat meningkatkan kesiapsiagaan banjir dan longsor di kawasan pemukiman. Jika hujan lebat lebih dari satu jam, masyarakat harus mengungsi sendiri ke tempat yang lebih aman, terutama di daerah perbukitan dan lereng, katanya.

“Disarankan masyarakat memeriksa drainase air dan kondisi tanah di kawasan permukiman secara rutin,” ujarnya.

Pilihan Redaksi: BMKG: Prakiraan Cuaca Jabar Pekan Ini Hujan, Angin, dan Petir.

Baca Juga  Januari 2024 8 Rekomendasi Film dan Serial Prime Video Terbaru



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *