Profil pembalap muda Oliver Berman yang tampil impresif pada debut Formula 1 di GP Arab Saudi

Uncategorized35 Dilihat

TEMPO.CO, Jakarta – Pesaing remaja Oliver BermanPada usia 18 tahun, ia tampil menarik untuk pertama kalinya Persamaan 1. Pada Grand Prix Arab Saudi, Sabtu 9 Maret 2024, ia finis ketujuh dan berhak mendapat 6 poin saat mengikuti balapan sebagai pembalap pengganti.

Balapan ini menduduki peringkat 10 klasemen pembalap Formula 1 2024, dengan juara dunia F1 tujuh kali Lewis Hamilton (Mercedes) kesembilan secara keseluruhan dengan 8 poin.

GP Arab Saudi seakan menjadi berkah bagi Berman. Usai mengikuti latihan bebas kedua (FP2) GP Arab Saudi, pembalap reguler Carlos Sainz dipanggil Ferrari untuk menggantikan Mena.

Berman yang saat ini berlaga di Formula 2 (level di bawah Formula 1) dan menjadi pembalap cadangan Ferrari hanya akan mengikuti latihan di sesi FP3 dan kualifikasi sebelum mengikuti balapan resmi.

Oliver Berman tampil mengejutkan di Jeddah menggantikan Carlos Sanz Jr. yang harus menjalani operasi usus buntu. (Foto: Scuderia Ferrari)

Catatan waktu Berman di FP3, 1 menit 29,306 detik, tak terlalu buruk dan ia finis di urutan ke-10, hanya tertinggal 0,894 detik dari pembalap tercepat, Max Verstappen (Red Bull Racing), dengan 1 menit 28,412 detik. Bearman menghabiskan 22 lap pada sesi ini.

Pada sesi kualifikasi, ia finis tercepat ke-11 setelah kualifikasi ketiga (Q3). Ia sukses menumbangkan pembalap papan atas F1 seperti Nico Hulkenberg (Haas Ferrari), Valtteri Bottas (Kick Sauber Ferrari), Alex Albon (Williams Mercedes) dan Pierre Gasly (Alpine Renault).

Maksimalnya pada sesi balapan 50 lap. Berman finis ketujuh. Posisi ini lebih baik dibandingkan pembalap Inggris lainnya Lando Norris (McLaren Mercedes) P8 dan Hamilton P9. Sementara rekan setimnya di Ferrari Charles Leclerc berada di urutan ketiga di belakang duo Red Bull Verstappen dan Sergio Perez.

“Saya pikir saya menjalani balapan yang bagus untuk diri saya sendiri, dan itu yang paling penting, bukan?” kata Bearman seperti dikutip dari laman resmi Formula1.com, Minggu 10 Maret 2024.

Baca Juga  PLN telah menandatangani kerja sama dengan Bukit Asam dengan memanfaatkan abu batu bara sisa PLTU.

Diakuinya, persaingan yang digelar di Jeddah terbilang berat. Apalagi dia melakukan sedikit persiapan. “Tetapi saya pikir saya menggunakan segalanya hari ini. Saya merasa sedikit lebih cepat dibandingkan (Fernando) Alonso dan (George) Russell di depan, tapi itu tidak cukup untuk mengejar mereka,” ujarnya. Alonso dan Russell finis kelima dan keenam.

Berman menambahkan, ia kehilangan banyak waktu saat melewati Hulkenberg. Dia menggunakan pengalamannya untuk bertahan dengan baik, itu adalah kesalahan saya, tapi sekali lagi ini adalah balapan yang bagus bagi saya.

Oliver Berman tampil di F1 Arab Saudi 2024. (Foto: Scuderia Ferrari)

Start dari posisi ke-11, Berman melakukan beberapa kali operan untuk mengamankan posisi ketujuh di garis finis.

Keunggulan lain Berman dalam mengendarai mobil F1 di balapan sesungguhnya adalah fisiknya. “Saya pikir punggung bagian bawah dan leher saya akan sakit setelah ini,” katanya.

Berman mengaku tidak sempat mengukur kursi di Ferrari.

Kepindahan Beerman dibuktikan secara langsung oleh sains, kembali ke paddock setelah sukses menjalani operasi usus buntu.

iklan

Profil Oliver Berman

Berman lahir di Chelmsford, Essex, Inggris, pada 8 Mei 2005. Karier balapnya dimulai pada usia delapan tahun saat ia mengikuti kejuaraan go-kart. Dia finis di lima besar di GP Karting Inggris pada tahun pertamanya dan karir balapnya terus berkembang.

Di tahun Pada tahun 2020, mobil ini mulai beralih ke model kelas atas, dengan satu tempat duduk. Dia berkompetisi di kejuaraan ADAC F4 dan F4 Italia. Di tahun pertamanya berkompetisi di nomor single seater, Berman mencetak beberapa kemenangan dan podium. Di tahun keduanya, Berman mengoleksi 17 kemenangan di dua kejuaraan.

Pada tahun 2021, Berman pertama kali memulai hubungannya dengan Ferrari. Dia bergabung dengan Akademi Pengemudi Ferrari. Ia kemudian berkompetisi di Formula 3 bersama Prima Racing pada tahun 2022.

Oliver Berman di F1 Arab Saudi 2024. (Foto: Scuderia Ferrari)

Awalnya ia berhasil finis pertama dalam balapan, namun sayang ia mendapat penalti 5 detik karena batas lintasan dan harus puas mendapat tempat.

Baca Juga  Apa yang dikatakan Mikel Arteta setelah Arsenal mengalahkan Wolves 2-0 untuk naik ke puncak klasemen Liga Inggris?

Di penghujung musim, Berman finis ketiga klasemen F3. Pencapaian tersebut cukup untuk lolos ke Formula 2 pada musim 2023.

Masih bersama Prima, Bearman terus bersinar cemerlang di kelas F2 dengan meraih kemenangan beruntun. Di penghujung musim 2023, ia menempati posisi keenam klasemen pebalap.

Musim 2023 akan menjadi pengalaman pertama Berman mencicipi mobil balap Formula 1. Pada Oktober 2023, ia memulai debutnya di sirkuit Fiorano, Italia setelah ban mobil Formula 1 Spesial Ferrari 2021.

Ia telah menguji total jarak 400 kilometer di lintasan. “Ibu dan ayahku datang. Kata ibuku, dia menangis ketika aku keluar dari pit, dan itu terlihat agak lucu. Aku sangat senang melihatmu di sana, mereka selalu mendukungku selama ini, dan ini adalah peristiwa bersejarah.” Bagi saya, saya melakukan percobaan pertama saya di F1.”

Tantangan di Fiorano ibarat kunci bagi Berman untuk membuka pintu berikutnya. Ia berhak mengikuti dua latihan bebas pertama (FP1), tim F1 wajib menawarkan sesi latihan ini kepada pebalap akademi pada pertengahan musim dingin. Berman mengikuti sesi FP1 di GP Meksiko dan Abu Dhabi bersama tim satelit Ferrari.

Di ajang F2, Berman mengikuti dua balapan seri pertama di Bahrain. Namun, ia hanya finis di urutan ke-16 di Sprint Race dan ke-15 di Feature Race. Di F2 Jeddah Arab Saudi, Berman mengikuti latihan bebas dan menjadi pelari tercepat di sesi kualifikasi. Namun, ia tidak ikut balapan karena dipanggil secara tiba-tiba untuk menggantikan Sainz di Formula 1, sebuah langkah yang kemudian mengungkap potensi sebenarnya dari Oliver Berman muda.

GOOTO

Pilihan Editor: The Red Sparks dan Megawatt Hunger Games dilanda kabar buruk setelah memastikan mereka tersingkir dari Liga Bola Voli Wanita Korea Selatan.



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *