Prakiraan Cuaca BMKG: Hujan di Berbagai Daerah, Wilayah Berkabut di Sumatera Bertambah

Tak Berkategori242 Dilihat

Losergeek.org.CO, Jakarta – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika atau BMKG memantau daerah perlambatan kecepatan angin atau konvergensi yang memanjang di perairan barat Bengkulu, dari Bengkulu hingga Sumatera Barat dan Riau. Pemantauan juga dilakukan di wilayah Aceh, Sumatera Utara hingga Selat Malaka, Kalimantan Utara, Maluku Utara, Papua Barat dan Papua.

Daerah pertemuan angin atau konfluensi Samudera Hindia barat Sumatera, Laut Cina Selatan dan Samudera Pasifik utara Papua Barat-Papua. “Kondisi tersebut mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sepanjang daerah konvergensi/konfluensi tersebut,” demikian dikutip dari BMKG.

Hujan disertai petir pada Sabtu, 19 Agustus 2023 diperkirakan terjadi di Jambi. Hujan intensitas lebat kemungkinan terjadi di Medan. Hujan intensitas sedang diperkirakan terjadi di Mamuju. Hujan ringan di Bengkulu, Tanjung Pinang, Manokwari, Pekanbaru, Manado dan Padang.

Ibu kota provinsi yang perkirakan diselimuti asap di Pontianak dan Banjarmasin. Sedangkan berkabut di Jambi, Pekanbaru dan Palembang.

Iklan

Suhu udara berkisar antara 19-34 derajat Celcius dengan suhu terendah di Bandung. Sedangkan suhu tertinggi di Semarang, Pontianak, Banjarmasin, Palangkaraya dan Samarinda.

Prakiraan berbasis dampak hujan lebat dengan status waspada di Aceh, Sumatra Barat, Riau, Bengkulu, Kalimantan Utara, Maluku Utara, Papua Barat dan Papua. Tidak ada provinsi berstatus siaga.

Pilihan Editor: Potensi Hujan Bandung 1-2 Hari pada Dasarian Ketiga Agustus, Peluang Kekeringan Meningkat



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *