Prabowo Takzim ke Keluarga Gus Dur, Pakar: Mengikuti Tradisi NU

Tak Berkategori73 Dilihat

Sabtu, 19 Agustus 2023 – 20:50 WIB

Jakarta – Momen bakal capres yang juga Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto saat takzim bertemu keluarga Presiden ke-4 RI Abdurahman Wahid atau Gus Dur jadi perhatian. Prabowo dinilai punya kedekatan dengan keluarga Gus Dur.

Baca Juga :

Jokowi Sebut Tensi Politik Memanas, Kawan Sendiri Diserang

Pakar politik yang juga Direktur Eksekutif Indonesia Political Review Ujang Komarudin menganalisa Prabowo ingin memerlihatkan sikap hormat kepada figur yang lebih tua. Ia menyebut hal itu karena Prabowo mencium tangan istri Gus Dur, Sinta Nuriyah.

“Keluarga Gus Dur dekat dengan Prabowo, kalaupun kemarin pertemuan dengan keluarga Gus Dur, ya itu hal yang bagus, cium tangan istri Gus Dur. Dan, itu budaya NU, selalu cium tangan kepada guru, kepada ulama, kepada kiai dan ustaz, kepada orang yang lebih tua, lebih dihormati,” kata Ujang, dalam keterangannya, Sabtu, 19 Agustus 2023.

Baca Juga :

Dedi Mulyadi Jabat Wakil Ketua Dewan Pembina Gerindra

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto (kiri) dan istri presiden Ke-4 RI Abdurrahman Wahid, Sinta Nuriyah (kanan), berbincang-bincang sembari menunggu kendaraan di pelataran Gedung Nusantara, Kompleks MPR/DPR RI, Jakarta, Rabu, 16 Agustus 2023.

Photo :

  • ANTARA/Genta Tenri Mawangi

Dia menuturkan salam takzim dengan mencium tangan dan menunduk setengah jongkok yang dilakukan Prabowo sebagai tradisi yang sudah turun temurun dilakukan oleh warga Nahdliyin terhadap sosok orang tua. Maka itu, Prabowo dinilai mencontohkan kepada khalayak luas soal sikap hormat terhadap orang tua.

Baca Juga :

Bangga Prabowo Menang Head To Head Capres Versi Survei, Gerindra Ogah Terlena

“Yang dilakukan Prabowo mengikuti tradisi NU yang melakukan cium tangan, kepada orang yang lebih dihormati, kira-kira seperti itu,” tutur Ujang.

Isu kedekatan Gus Dur dengan sosok Prabowo memang jadi topik perbincangan masyarakat setiap jelang pemilu. Pernyataan mendiang Gus Dur terkait sosok Prabowo selalu diungkit.

Halaman Selanjutnya

Gus Dur pernah menyebut sosok Prabowo paling ikhlas untuk Indonesia. Kata dia, tak ada yang melebihi keikhlasan seorang Prabowo dibandingkan figur lainnya.

img_title



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *