Piala AFF 2024 berganti nama menjadi Piala ASEAN 2024 yang digelar pada 23 November hingga 21 Desember

Uncategorized62 Dilihat

TEMPO.CO, Jakarta – Jadwal pelaksanaan Piala AFF 2024 Itu akhirnya dirilis oleh Federasi Sepak Bola Asia Tenggara (AFF). Turnamen sepak bola antar negara Asia Tenggara (ASEAN) akan digelar akhir tahun ini pada 23 November hingga 21 Desember 2024.

Format co-host sepertinya akan kembali lagi, dengan masing-masing peserta bermain di kandang sendiri. Pengundian dan penyisihan grup dijadwalkan berlangsung pada 21 Mei di Hanoi, Vietnam.

Tak hanya mengumumkan tanggalnya, pihaknya juga meluncurkan logo baru sebagai bagian dari pembaharuan identitasnya. Pada edisi ke-15 ini kita tidak lagi menyebutnya sebagai Piala AFF, melainkan menjadi Piala ASEAN.

Logo tersebut terdiri dari tiga elemen utama yaitu piala, Tenunan Persatuan ASEAN, dan nama turnamen. Semua ini termasuk dalam perisai besar.

Unity Weave berbentuk buntelan beras yang disilang, didesain dengan lima warna yang terdapat pada bendera masing-masing negara ASEAN. Hal ini menunjukkan kekompakan di antara 12 anggota AFF yang tetap bersatu dalam semangat bersaing.

“Ini menghadirkan logo baru Piala ASEAN 2024 Identitas visual yang jelas dan bermakna. Salah satunya menunjukkan antusiasme pecinta sepak bola Asean terhadap turnamen terbesar di Asia Tenggara itu, kata Presiden AFF Kiev Samet di situs resmi federasi.

“Logo baru ini terus mewakili semangat, kebersamaan, budaya, dan kecintaan yang tak tergoyahkan terhadap wilayah kami.”

iklan

Seperti edisi sebelumnya (2022), Piala AFF 2024 alias Piala ASEAN 2024 tetap dilanjutkan dengan Mitsubishi Electric sebagai sponsor utama.

Mereka berharap kolaborasi ini kembali bisa menyukseskan balapan dan mencetak berbagai rekor baru.

Sebagai referensi, Piala AFF 2022 menarik lebih dari 438 juta penonton di televisi dan platform digital. Belum termasuk 4,2 miliar impresi untuk konten terkait di berbagai media sosial.

Baca Juga  Siahrul Yassin Limpo tiba di Istana untuk menemui Jokowi

Kejuaraan sepak bola antar negara Asia Tenggara ini sudah tiga kali berganti nama. Saat pertama kali diadakan pada tahun 1996, turnamen ini bernama Piala Harimau. Mulai tahun 2007, namanya diubah menjadi Piala AFF, menyusul dukungan sponsor. Kini, babak baru telah dibuka yakni Piala ASEAN.

Pilihan Editor: Liverpool mencari pengganti Jurgen Klopp Kenny Dallesh mengingat 2 kesalahan yang bisa berarti bencana



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *