Peringatan Dini Cuaca BMKG: Kemungkinan terjadi hujan lebat di seluruh wilayah Jawa hari ini.

Uncategorized21 Dilihat

TEMPO.CO, JakartaBMKG Menempatkan Jakarta dan seluruh negara bagian di Pulau Jawa semaksimal mungkin Hujan deras Hari ini Rabu 3 April 2024 kemungkinan disertai petir dan angin kencang.

Berdasarkan peringatan dini cuaca yang dikeluarkan BMKG pada Selasa sore, masih banyak wilayah yang memiliki potensi serupa. Dari Aceh hingga Papua.

Menurut BMKG, cuaca Indonesia saat ini dipengaruhi oleh sirkulasi siklon di Laut Timor. Hal ini menciptakan daerah dengan kecepatan angin berkurang (konvergensi) di banyak daerah.

Senyawa pemicu tumbuhnya awan hujan antara lain yang terbentuk di Nusa Tenggara Timur, Laut Timor, dan Laut Sawu. Selanjutnya dari Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, hingga Sulawesi Selatan.

Dari Maluku Utara, Maluku, hingga Laut Banda, komunikasi terjadi karena pengaruh yang sama. Titik konvergensi (konvergensi) terbentuk di Laut Timor dan mulai dari Sulawesi Selatan bagian selatan, Teluk Boni, Sulawesi Tenggara Selatan, hingga Laut Banda.

iklan

BMKG juga memantau wilayah interaksi lain di luar pengaruh sirkulasi siklon. Konon tersebar mulai dari Sumatera Utara bagian utara hingga Aceh bagian selatan, di Bekulu, dan dari perairan timur Jambi hingga Kepulauan Bangka Belitung.

Agregasi juga terjadi di Jawa. Ada juga yang membentang dari Sabah, Kalimantan Utara, hingga Kalimantan Tengah. Lalu di Kalimantan Timur, juga dari Papua hingga Papua Nugini. Situs komunikasi lain juga terpantau di Papua.

Pilihan Editor: Berbagai tanggapan terhadap peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan yang menghapus model wajib belajar pramuka



Quoted From Many Source

Baca Juga  Nepal menyalahkan pilot atas kecelakaan pesawat pada bulan Januari yang menewaskan 72 orang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *