Perdana Menteri Denmark diserang dan dilukai oleh seorang pria mabuk, kata polisi, tidak bermotif politik.

Uncategorized10 Dilihat

TEMPO.CO, Jakarta – Seorang pria Polandia berusia 39 tahun ditahan selama 12 hari sehubungan dengan serangan tersebut. Perdana Menteri Denmark Mette Frederiksen sehari yang lalu. Pihak berwenang mengatakan Frederickson menderita cedera ringan di leher akibat serangan itu.

Frederiksen diserang oleh seorang pria di sebuah alun-alun di pusat Kopenhagen. Penyerang memukul politisi tersebut dan korban mengalami luka ringan.

“Terima kasih atas banyak kata-kata penyemangat dan penyemangatnya. “Ini sangat mengharukan,” kata Frederiksen dalam keterangan tertulisnya kepada kantor berita Ritsu, Sabtu, 8 Juni 2024.

“Saya sedih dan kaget dengan kejadian kemarin, tapi selebihnya saya baik-baik saja. Untuk saat ini, saya ingin kedamaian. Itu baik untuk jiwa dan raga. Saya perlu bersama keluarga dan menjadi diri sendiri untuk sementara waktu,” kata Fredrickson .

Beberapa pemimpin Uni Eropa mengutuk insiden hari Jumat, yang terjadi tiga minggu setelah Perdana Menteri Slovakia Robert Fico terluka parah dalam upaya pembunuhan. “Ini adalah serangan yang benar-benar tidak dapat diterima terhadap masyarakat kita yang terbuka dan demokratis,” kata Perdana Menteri Norwegia Jonas Gahr Store kepada kantor berita NTB tentang serangan terhadap Frederiksen.

Polisi Denmark mengatakan penyerang berada di bawah pengaruh alkohol dan obat-obatan pada saat itu. Ia mengaku tidak mengetahui kalau korbannya adalah Perdana Menteri Denmark.

Pengacara pria tersebut mengatakan kepada pengadilan Kopenhagen pada hari Sabtu bahwa “tidak ada tanda-tanda niat politik”. Insiden itu terjadi dua hari sebelum Denmark pergi ke tempat pemungutan suara dalam pemilu Uni Eropa.

iklan

“Pihak berwenang Denmark telah memberi tahu kami bahwa orang yang ditangkap adalah warga negara Polandia dan telah tinggal di Denmark selama beberapa waktu,” kata radio pemerintah Polandia.

Baca Juga  Tips Puasa Sehat dari Febby Rastanty, Minum Air Putih dan Vitamin C

Inspektur polisi Kopenhagen Trin Møller mengatakan kepada kantor berita Ritsu: “Kami melihatnya sebagai tindakan acak, dan saat ini kami tidak membuat hipotesis utama dalam penyelidikan kami bahwa itu adalah serangan terencana terhadap perdana menteri.”

Kantor Perdana Menteri Denmark mengumumkan bahwa semua acara resmi yang dijadwalkan pada hari Sabtu telah dibatalkan.

Frederiksen bisa pergi setelah serangan itu, kata Soren Kjergaard, seorang pekerja kedai kopi setempat. Fredrickson dikawal oleh petugas keamanan.

Sebulan lalu, tiga politisi Jerman diserang ketika pemilihan Parlemen Eropa dan dewan regional akan diadakan. Ada lebih banyak serangan awal pekan ini.

Reuters



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *