Papua Nugini mempekerjakan polisi Australia sebagai petugas polisi.

Uncategorized135 Dilihat

TEMPO.CO, JakartaPapua Nugini Merekrut petugas polisi. Australia untuk mendapatkan posisi penting di kepolisian nasional berdasarkan kesepakatan keamanan yang lebih luas yang akan ditandatangani minggu ini.

Menteri Luar Negeri Papua Nugini b Reuters Pada Selasa, 5 Desember 2023, perjanjian tersebut mencakup pertahanan dan biosekuriti.

Perdana Menteri Papua Nugini James Marape akan melakukan perjalanan ke Canberra pada hari Kamis untuk menandatangani perjanjian keamanan, kata Menteri Luar Negeri Justin Katchenko. Reuters.

Hal ini terjadi setelah Marape memenangkan komitmen dari Australia mengenai biosekuriti ekspor pertanian negaranya.

“Ini menunjukkan komitmen kami terhadap Australia saat ini dan di masa depan sebagai salah satu mitra keamanan tradisional kami,” kata Tkachenko. Reuters Wawancara telepon.

Kesepakatan keamanan Australia telah ditunda setelah beberapa politisi oposisi PNG memprotes bahwa kesepakatan pertahanan dengan Amerika Serikat pada bulan Mei akan melanggar kedaulatan PNG.

Pemerintah PNG menyediakan pelabuhan dan bandara dan dapat melibatkan negara kepulauan terbesar di Pasifik dalam persaingan strategis antara Amerika Serikat dan Tiongkok.

Tiongkok menjalin hubungan keamanan dan polisi dengan negara tetangganya, Kepulauan Solomon, tahun lalu. Terletak hanya beberapa kilometer di utara Australia, PNG diserbu oleh Tiongkok di tengah ketegangan antara kedua negara adidaya tersebut.

Pertahanan dalam negeri dan kepolisian adalah bagian penting dari perjanjian keamanan dengan Australia, menghormati kedaulatan PNG, serta membantu petani memenuhi undang-undang biosekuriti Australia yang ketat dan meningkatkan teknologi biometrik untuk bandara, kata Tkachenko.

“Saling menghormati adalah hal yang besar,” tegasnya.

iklan

Di tahun Pada tahun 2005, pengadilan PNG memutuskan bahwa Polisi Federal Australia yang dikerahkan ke PNG tidak memiliki kewenangan atau kekebalan polisi setempat. Sejak saat itu, polisi Australia hanya berperan sebagai penasihat tanpa senjata.

Baca Juga  Manfaat makan dengan tangan, membantu menyeimbangkan metabolisme

“Para petugas ini akan mengenakan seragam PNG. Mereka akan menjadi petugas kontrak yang melapor langsung kepada Komisaris Polisi Papua Nugini dan akan mematuhi semua undang-undang PNG. Ini selalu menjadi poin penting,” katanya.

Dia mengatakan perjanjian keamanan tersebut mengakui kedaulatan PNG sebagai negara yang memperoleh kemerdekaan dari Australia 48 tahun lalu dan menghormati peran Australia sebagai ekonomi terbesar di kawasan.

“Yang kami inginkan adalah kebebasan ekonomi, di mana kami dapat mengandalkan diri kami sendiri di masa depan,” ujarnya.

Membantu memenuhi pedoman biosekuriti Australia yang ketat akan membuka pasar ekspor baru bagi PNG, yang memproduksi kopi dan produk pertanian lainnya sebagai “penduduk atau petani tertua di dunia”.

Prancis, yang minggu ini menjanjikan $100 juta kepada PNG untuk kehutanan dan perubahan iklim, meningkatkan kerja sama pertahanan dengan Australia di Pasifik. Awal tahun ini, sebuah perjanjian ditandatangani untuk mengizinkan angkatan lautnya melindungi perairan PNG.

Pilihan Editor: Profesor Australia diculik di Papua Nugini dan dibebaskan

Reuters



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *