Pakar hukum UGM punya tingkat kepercayaan yang tinggi terhadap Jokowi.

Uncategorized26 Dilihat

TEMPO.CO, Jakarta – tanya pakar hukum tata negara Zainal Arifin dari Universitas Mokhtar Ghadjah Mada atau UGM Dan seluruh sivitas akademika melakukan refleksi diri. Pasalnya, universitas yang melahirkan Joko Widodo atau Jokowi Sebagai alumnus, UGM terlihat mengambil posisi sebagai patron ketika menjadi presiden dalam segala cita-citanya.

“Tingkat kepercayaan UGM terhadap Pak Jokowi tinggi. Dimana UGM kapan? UU Komisi Pemberantasan Korupsi Apakah itu hancur? Di manakah UGM ketika UU Kewirausahaan diterapkan secara sewenang-wenang? Di manakah UGM saat UU Minerba dihancurkan? Rabu, 31 Januari 2024, Zainal menjadi salah satu penggagas diskusi Forum Akademik: Menjaga Kemurnian Demokrasi di Ruang Senat UGM di Auditorium UGM.

Sementara itu, sebagaimana diungkapkan oleh banyak pakar sistem presidensial, jika kekuasaan, dalam hal ini presiden, mendapat dukungan yang terlalu kuat, maka tantangan terhadap otoritarianisme akan terlalu tinggi.

“Ini sangat berbahaya dalam sistem presidensial. Dan menurut saya, apa yang terjadi saat ini adalah hasil dari apa yang kita (Jokowi) lakukan selama ini, kata Zeinal.

Sementara untuk ‘bertobat’, Zainal mengusulkan tiga langkah terkait posisi dan sikap UGM terhadap penguasa.

Pertama, UGM harus berefleksi. Kedua, UGM harus memberikan sinyal yang kuat, tegas, dan jelas mengenai pelanggaran yang dilakukan dengan tidak lagi mengajukan banding kepada Presiden. Misalnya saja soal independensi pejabat KPU, TNI dan Polri, serta presiden. Zeinal meminta UGM menindak tegas Jokowi.

“Jangan ganggu aparat TNI dan Polri lagi. Uu bilang mereka netral. Jadi jaga agar mereka tetap netral dan jangan mempolitisasi mereka. Jangan politisasi bansos, itu uang rakyat. UGM harus ada penekanannya Pak Jokowi, Saudara lahir dari hakikat UGM, Pancasila dan demokrasi. Bertindak sesuai pancasila dan demokrasi. “Kalau tidak, kami akan lawan,” kata Zainal dengan suara tegas.

Baca Juga  Jam kerja Bank BCA hari kerja dan akhir pekan di seluruh cabang

Selain itu, mantan Rektor UGM Panat Mulyono…



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *