Pada pemilu 2024, kepala desa ditengarai tidak bersikap netral.

Uncategorized145 Dilihat

TEMPO.CO, JakartaKoalisi masyarakat sipil Tolak pilihan yang menipu Pemimpin desa Setidaknya jadilah aktor independen dalam proses tersebut pemilu 2024. Kombinasi ini Total sudah ada 105 kasus kecurangan pada kampanye pemilu dan pemungutan suara 2024. Tercatat 34 persen temuan dugaan kecurangan terkait dengan netralitas penyelenggara desa.

Sebanyak 31 kasus dilaporkan pada Pilpres, 34 kasus pada Pemilu Legislatif (PILEG), 10 kasus pada koalisi baik dan 29 kasus pelanggaran umum lainnya.

Berdasarkan hasil pemantauan di 10 provinsi tersebut, terdapat beberapa jenis pelanggaran yang umumnya dilakukan. Pelanggaran tercantum dalam indikator terkait netralitas aparat pemerintah dan desa serta penyelenggara pemilu. Masing-masing jumlahnya mencapai 32 penemuan.

Disusul dengan 31 temuan pelanggaran kebijakan moneter dan 10 temuan penyelewengan sumber daya pemerintah. Lalu ada 9 temuan kecurangan suara dan 4 temuan kecurangan lainnya.

“Dari semua informasi itu, kita tahu bahwa orang yang paling tidak memihak saat pemilu adalah kepala desa. Kita tahu, sebelum pemilu 2024, kepala desa ini diduga memihak pasangan calon,” kata peneliti hukum itu. Di Temis Indonesia, Hemi Lavor Febrinandez, Kamis 22 Februari 2024 dalam konferensi pers koalisi masyarakat sipil yang menolak pemilu yang curang.

iklan

Tak hanya itu, tim surveilans juga mendapat informasi adanya kampanye yang dilakukan salah satu pasangan terpilih untuk memenangkan pasangan tertentu.

Sebelumnya, politik kotor itu terungkap lewat film Dirty Vote yang disutradarai Dandhi Laksono. Tiga pengacara, Bivitri Susanti, Zainal Arifin Mochtar, dan Feri Amsari, banyak membeberkan informasi pelanggaran pemilu, termasuk penempatan kepala desa.

Selain pemilu presiden, kecurangan juga terjadi pada pemilu legislatif. Persentasenya mencapai 32,7 persen. “Dan ini akan menjadi masalah karena kita melihat sangat tinggi tingkat kecurangan pada saat diadakannya pemilu legislatif yang berkaitan dengan pemilu presiden,” ujarnya.

Baca Juga  All New Toyota Land Cruiser kini sudah dibuka pesanannya.

Selalu Pembaruan Informasi terakhir. Mendengarkan Berita terkini Dan berita pilihan dari Tempo.co Di saluran Telegram “Pembaruan Tempo.co”. Klik https://t.me/tempodotcoupdate bergabung kamu harus-Install Pertama, aplikasi Telegram.



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *