Menurut EduRank, 7 kamp medis terbaik, UI memimpin

Uncategorized244 Dilihat

TEMPO.CO, Jakarta – Universitas Indonesia atau UI menduduki peringkat pertama sebagai fakultas kampus Perlakuan Yang terbaik di Indonesia. Pemeringkatan ini dirilis oleh EduRank pada Juli 2023. EduRank telah memeringkat 75 kampus teratas berdasarkan hasil penelitiannya di bidang medis.

Terdapat 805 ribu makalah akademik dari kampus-kampus di Indonesia yang dinilai oleh EduRank. Apa saja kampus dengan fakultas atau program studi kedokteran terbaik di Indonesia 2023 menurut EduRank? Inilah 7 di antaranya!

1. Universitas Indonesia (UI)

Peringkat Dunia: 153
Peringkat Asia: 624

Kurikulum FK UI yang berlaku saat ini adalah Kurikulum Fakultas 2012 yang merupakan pemutakhiran dari Kurikulum Fakultas 2005. Kurikulum FKUI menerapkan strategi pembelajaran yang berpusat pada siswa, berbasis masalah, terintegrasi secara horizontal dan vertikal, serta berpusat pada masyarakat. Selain itu, kurikulum FK UI juga menjangkau lingkungan klinis sejak dini, memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mengeksplorasi bidang ilmu yang mereka minati hingga penerapannya secara sistematis.

2. Universitas Gadjah Mada (UGM)

Peringkat Dunia: 245
Peringkat Asia: 864

Program Penelitian Kedokteran UGM menjalankan 2 program atau departemen secara paralel. Baik program reguler maupun program internasional. Durasi pendidikan kedokteran di UGM terdiri dari dua tahap, yaitu tahap sarjana selama 3,5 tahun dan tahap profesi selama 2 tahun. UGM memiliki empat jenjang pembelajaran:
Langkah 1. Landasan dalam kedokteran dan transisi ke praktik (18 bulan)
Langkah 2. Keluhan dan penyakit (18 bulan)
Langkah 3. Mengembangkan keterampilan pribadi (6 bulan)
Langkah 4. Rotasi klinis (24 bulan)

3. Universitas Airlangga (Unair)

Peringkat Dunia: 246
Peringkat Asia: 865

FK Unair merupakan fakultas kedokteran tertua kedua di Indonesia. Setidaknya terdapat 28 departemen dan 43 program studi di fakultas ini. Daftarnya adalah 2 program sarjana, 6 program magister, 1 program doktor, 2 program profesi, 25 program spesialis, dan 7 program spesialis.

Baca Juga  Jenazah Doni Monardo Tiba di TMP Kalibata, Pengawal Kopassus dan Komentar Mensos Risma Ada di Sini

4. Universitas Padjajaran (Unpad)

Peringkat Dunia: 308
Peringkat Asia: 1.052

iklan

FK Unpad menggunakan metode pembelajaran berbasis masalah dengan menggunakan konsep Paparan klinis awal yang berpusat pada siswa, berbasis masalah, berpusat pada komunitas, sistematis atau REMPAH. Metode ini diyakini akan memungkinkan berkembangnya tenaga kesehatan yang mampu mengembangkan diri dan adaptif. Dengan cara ini, siswa dapat menyelesaikan masalahnya sendiri tanpa bergantung pada guru dan lembaga.

5. Universitas Diponegoro

Peringkat Dunia: 364
Peringkat Asia: 1.181

FK Undip berdiri pada tanggal 1 Oktober 1961 dan merupakan fakultas kelima di Undip. FK Undip menggunakan metode inovatif dalam bidang pendidikan Pembelajaran berbasis masalah. Pada tahun 2024, visi FK Undip adalah menjadi pusat unggulan pendidikan berbasis riset di bidang kedokteran dan kesehatan.

6. Universitas Hasanuddin (UNHAS)

Peringkat Dunia: 437
Peringkat Asia: 1.331

Dalam perkembangannya, metode pengajaran Unhas mengalami perubahan, sehingga sebagian besar perkuliahan menjadi pembelajaran berbasis masalah. Tak hanya itu, FK Unhas juga meningkatkan kemampuan klinis mahasiswanya. Pengajaran dilakukan dengan sistem blok dengan menggunakan tiga blok per semester. Sistem ini membuat proses pembelajaran lebih efisien dan tidak banyak tumpang tindih.

7. Universitas Udayana (UNUD)

Peringkat Dunia: 445
Peringkat Asia: 1.350

FK Unud didirikan pada tahun 1962 dan merupakan salah satu dari 12 fakultas yang ada di Unud. Saat ini FK Und menyelenggarakan dua program sarjana dan satu program pascasarjana. Pendidikan spesialis, program magister atau doktoral dalam ilmu biomedis.

Pilihan Editor: Jumlah lulusan magister dan doktor di Indonesia masih sedikit, ini langkah yang akan diambil Jokowi.



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *