Menteri Nadim Ferienjob membantah menjadi bagian dari program kampus merdeka yang merupakan hak Kementerian Pendidikan dan Riset dan Teknologi.

Uncategorized25 Dilihat

TEMPO.CO, Jakarta – Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiam Anwar Makarim membantahnya. pekerjaan liburan Itu bagian dari program. Kampus Merdeka Pendidikan Merdeka (MBKM). Nadium juga menilainya. pekerjaan liburanPelajar Indonesia yang baru-baru ini menjadi tersangka Perdagangan Orang (TPPO) tidak memenuhi persyaratan MBKM yang ditetapkan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan selama menjalani program kerja paruh waktu liburan di Jerman.

Banyak program yang salah diterjemahkan sebagai MBKM, namun (pekerjaan liburanBukan MBKM,” ujarnya Nadium Makarim Pada rapat kerja Komisi X DPR di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Rabu, 3 April 2024.

Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi Kementerian Pendidikan dan KebudayaanKiki Yulati, kata pekerjaan liburan Menurut ketentuan Pasal 14 Ayat 2 Undang-undang Ketenagakerjaan Jerman yaitu pada saat melakukan kegiatan kerja pada masa libur semester resmi dengan jenis pekerjaan fisik. Kegiatan ini tidak berkaitan dengan dunia akademis, karena bertujuan untuk mengisi kekurangan tenaga fisik di Jerman, serta untuk mengisi liburan semester mahasiswa. Masa kerja paling lama 90 hari, dalam jangka waktu 12 bulan, pada masa libur semester di dalam negeri dan tidak dapat diperpanjang.

Menurut Kiki, fakta tersebut memperkuat hal itu pekerjaan liburan Hal tersebut sama sekali tidak ada kaitannya dan bukan bagian dari program MBKM yang diselenggarakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Dikatakannya, program magang yang termasuk dalam MBKM akan dilakukan pada semester berjalan dan bukan pada hari libur karena untuk keperluan pencapaian hasil akademik atau nilai bagi mahasiswa. Selain itu, magang di MBKM juga harus dikaitkan dengan pembelajaran yang memperkuat kompetensi mahasiswa peserta program studinya.

iklan

“ini Pembelajaran berdasarkan pengalaman Oleh karena itu, kerja otomatis yang bersifat fisik (mis pekerjaan liburan) seringkali tidak sejalan dengan MBKM,” kata Kiki dalam rapat kerja Komisi X DPR di antaraKemarin.

Baca Juga  10 Negara yang Jarang Dikunjungi Wisatawan, Cocok untuk Retret

Sebelumnya, Badan Reserse Kriminal (CID)Departemen Investigasi Kriminal) Polri akan mengusut kasus dugaan tersebut. Saran penting Sedang magang mahasiswa di Jerman. Setidaknya 1.047 mahasiswa dari 33 universitas di Indonesia diduga menjadi korban program tersebut. pekerjaan liburan Diselenggarakan oleh PT Sinar Harapan Bangsa dan PT CV-GEN. Polisi telah menangkap lima tersangka dalam kasus ini, yakni Profesor Universitas Jambi Sihol Situngkir, Direktur Eksekutif PT Sinar Harapan Bangsa Enik Rutita alias Enik Waldkong; PEMILIK CV GEN, AMSULISTIANI AKA AMY ENSH; Juga dua dosen Universitas Negeri Jakarta (UNJ), inisial AJ dan MZ.



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *