Menhub Klarifikasi Alasan Taksi IKN Tak Boleh Terbang: Ada Kekhawatiran…

Uncategorized5 Dilihat

TEMPO.CO, Jakarta – Menteri Perhubungan Buddhi Karya Sumadi berbicara tentang kelanjutan rencana aksi tersebut. Taksi terbang yang mengangkut penumpang di ibu kota pulau atau AikenKalimantan Timur.

Budi Karya menyatakan, pihaknya sejauh ini belum mendapatkan instruksi yang tepat. “Peraturan ini kita sebut sebagai negara maju, AS belum mengeluarkan persetujuan resminya,” ujarnya di Jakarta, Minggu, 9 Juni 2024, saat meninjau kapal curah Transjakarta. di antara.

Oleh karena itu, Budi Karya Kementerian Perhubungan belum memberikan izin menerbangkan taksi sebagai alat transportasi di IKN.

“Pemkot akan menggunakannya Drone, ada bahaya. Jadi kami tidak memberikan izin untuk menerbangkan taksi. B Pameran “Iya, tapi tidak untuk angkutan umum,” ujarnya.

Sebelumnya, Plt Kepala Badan Ibu Kota Kepulauan Basuki Hadimuljono memastikan program pengembangan transportasi IKN seperti MRT, kereta cepat, taksi terbang dan lainnya akan terus berlanjut.

Deputi Bidang Teknologi Hijau dan Digital OIKN Ali Berawi sebelumnya menyinggung penggunaan metode transportasi mobilitas udara perkotaan (Sky Taxi) dan kendaraan otonom. (mobil otonom) Dan dia mulai melakukannya.

Sementara itu, mantan Kepala Badan Otorita IKN Bambang Susantono sempat menyinggung upaya sebelumnya. Taksi langit Hal ini akan dilaksanakan oleh IKN pada bulan Juni 2024. Direncanakan menjadi kendaraan pendukung mobilitas perkotaan. Menampilkan Ibu kota baru, Balipapan, tiba pada Kamis, 9 Mei 2024.

Dikutip dari keterangan resmi, Bambang di Samarinda, Rabu, 29 Mei 2024 mengatakan: “Minggu depan (taksi penerbangan) akan dibuka, dirakit, baru kita coba.”

Taksi terbang Optionally Piloted Personal/Passenger Air Vehicle (OPPAV) adalah kendaraan yang dikembangkan oleh Korea Aerospace Research Institute (KARI) dan Hyundai Motor Company (HMC). Saat ini, kendaraan yang dikirim dalam berbagai palet disimpan di Pelabuhan Semayang, Balikpapan. Sedangkan aki kendaraan berada di Jakarta dan dijadwalkan tiba di Samarinda pada 6 Juni.

Baca Juga  Tips mengendalikan diabetes agar terhindar dari masalah penglihatan

Bambang mengatakan, pembukaan dan pemeriksaan palet akan dilakukan oleh Hyundai, Bea Cukai Kaltim, dan IKN di Bandara Aji Panjeran Tumeneng (APT) Pranotto Samarinda awal bulan depan. Pembukaan ini menandai dimulainya tahapan pengurusan izin impor sementara.

Angkutan massal listrik oleh IKN

iklan

Berbeda dengan taksi terbang, Budi Karya meyakini angkutan massal berbasis listrik. (kendaraan listrik) IKN kemungkinan mulai beroperasi pada Agustus 2024.

Budi Karya mengacu pada sejumlah angkutan massal berbasis listrik yang meliputi bus listrik dan kereta api otonom tanpa rel atau Autonomous-Rail Rapid Transit (ART).

“ART itu sejenis trem, tapi uniknya tidak ada kereta dan listrik, menggunakan baterai dan mulai beroperasi pada Agustus,” kata Menteri Perhubungan Budi Kariya.

Nantinya para Menteri dan pejabat Eselon I akan diminta menggunakan kendaraan listrik oleh IKN, ujarnya. “Swasta, Bluebird, GoJek, Grab sudah mau bekerja di sana,” ujarnya.

Terkait pelayanan bus listrik, Kementerian Perhubungan telah melakukan kajian rencana teknis angkutan umum dengan merencanakan 3 rute di KPP tahap 1. Ketiga rute menuju Taman Masjid Agung dan Ride Road membutuhkan total 13 bus perantara. Park and ride menuju Kebun Raya membutuhkan total 7 bus berukuran sedang. dan jalur Park and Ride 1 hingga Park and Ride 2 sebanyak 21 kapal.

Otoritas Ibu Kota Kepulauan (OIKN) juga berencana menggandeng Bluebird untuk melayani rute-rute di IKN atau KIPP Tahap 1, dalam hal ini rencana pengadaan dan pengoperasian bus listrik. Berikut disajikan anggaran Buy the Service (BTS) untuk melayani jalur IKN tahun 2025.

Usulan jalur angkutan massal nantinya akan disesuaikan dengan bidang tanah yang dikembangkan, sedangkan jumlah rusun masih menunggu kajian dan evaluasi tim OIK. Kementerian Perhubungan akan memberikan dukungan terkait transportasi dalam rangka perayaan HUT RI ke-79 pada 17 Agustus 2024 di IKN.

Baca Juga  Nurul Gufron berdiskusi dengan Alexander Marwata soal mutasi ASN Kementerian Pertanian IM57+: harus diselidiki

antara | Barang pribadi

Pilihan Editor: Pejabat di IKN mengatakan uji coba taksi terbang akan dilakukan pada Juni 2024



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *