Mengenal Kaws Brian Donnelly, Seniman yang Karyanya Dipamerkan di Candi Prambanan

Tak Berkategori225 Dilihat

Losergeek.org.CO, JakartaKarya seni kontemporer seniman Brian Donnelly atau Kaws dipajang di pelataran Candi Brahma di Kompleks Candi Prambanan pada 19-31 Agustus 2023. Karya Kaws dipajang dalam pameran Kaws:Holiday.

“Karya ini dapat dinikmati oleh publik dan menjadi bagian dari lanskap budaya yang dinamis di negara ini,” kata KAWS di pelataran Candi Brahma, di kompleks Candi Prambanan, Yogyakarta, Jumat, 18 Agustus 2023. 

Pengunjung berada di dekat karya seni kontemporer seniman dunia Brian Donnelly atau KAWS saat pameran bertajuk Kaws : Holiday Indonesia di pelataran Candi Brahma di Kompleks Candi Prambanan, Sleman, D.I Yogyakarta, Sabtu 19 Agustus 2023. Pameran yang menampilkan karya instalasi dengan panjang 45 meter dan tinggi mencapai 15 meter tersebut dipamerkan untuk publik mulai 19 hingga 31 Agustus 2023 mendatang. ANTARA FOTO/Andreas Fitri Atmoko

Tentang Brian Donnelly

Kaws mulai mengadakan pameran Kaws:Holiday tur dunia di Seoul pada 2018. Setelah itu, tempat pameran pun berpindah-pindah di Taipei, Hong Kong, Tokyo, Bristol, Singapura, Pegunungan Changbai, Melbourne. Pameran edisi kesepuluh di Candi Prambanan pada 19 Agustus 2023.

Direktur Utama PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan, dan Ratu Boko Febrina Intan mengatakan,Kaws:Holiday memberikan warna baru bagi Candi Prambanan.

“Karya seni sepanjang 45 meter ini menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan untuk mengabadikan patung Kaws in Collaboration with AllRightsReserved berlatar belakang kemegahan Candi Prambanan,” katanya dalam siaran pers.

Brian Donnelly yang dikenal dengan nama panggung Kaws seniman asal New York. Dikutip dari situs web Kawsfigures.org, Brian mendapat gelar sarjananya dari Sekolah Seni Visual New York dengan gelar Sarjana Seni Ilustrasi.

Iklan

Setelah berhasil meraih gelar sarjananya, Brian Donnelly memulai kariernyabekerja di Disney sebagai animator lepas. Ia mendapat kesempatan untuk melukis latar belakang dan berkontribusi dalam beberapa film produksi Disney seperti 101 Dalmatians, Daria, dan Doug.

Sebelum berkarier sebagai animator lepas di Disney, Brian Donnelly beraktivitas sebagai seniman mural ketika masih tinggal di New Jersey. Sebelum menyelesaikan kuliahnya, ia pindah ke New York pada 1990. Kala itu untuk bekerja sebagai seniman mural komersil yang melakukan pengecatan barang, badan bus, bilik telepon, dan papan iklan.

Pada akhir 1990-an, Brian memiliki kesempatan untuk mendesain dan memproduksi mainan dalam edisi terbatas. Produk mainan tersebut seketika menjadi populer dan menjadi benda yang diburu oleh komunitas kolektor mainan. Brian Donnelly juga turut mengerjakan desainbeberapa perusahaan seperti Original Fake, A Bathing Ape, Undercover, Kung Faux, Nike, Vans, dan Comme de Garcons.

Brian Donnelly juga pernah membuat desain ulang beberapa acara televisi dan ikon karakter kartun seperti The Simpsons, Mickey Mouse, Michelin Man, the Smurfs, dan SpongeBob Squarepants.

Pilihan Editor: KAWS:HOLIDAY Hadir di Candi Prambanan, Padukan Arsitektur Kuno dan Seni Kontemporer



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *