Mendag Zulkifli Hasan Selesaikan 5 Capaian Prioritas Ekonomi ASEAN

Tak Berkategori139 Dilihat

INFO NASIONAL – Pertemuan Menteri Ekonomi ASEAN (ASEAN Economic Minister/AEM) ke-55 berhasil menyelesaikan lima dari tujuh prioritas ekonomi. Pertemuan AEM ke- 55 ini berlangsung pada pada Sabtu 19 Agustus 2023) di Semarang, Jawa Tengah.

“Sebanyak lima dari tujuh prioritas ekonomi ASEAN berhasil diselesaikan pada Pertemuan AEM ke- 55,” kata pertemuan yang dipimpin Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan itu dalam rangkaian Pertemuan AEM ke-55 dan Pertemuan Terkait Lainnya yang berlangsung 17—22 Agustus 2023.

Kelima capaian prioritas tersebut, kata Mendag yaitu penyelesaian secara keseluruhan Kerangka Kerja Fasilitasi Jasa ASEAN/ASEAN Services Facilitation Framework (ASFF), pengesahan studi terkait Persetujuan Kerangka Kerja Ekonomi Digital ASEAN (DEFA), Penandatanganan Perjanjian Protokol Kedua Perubahan dalam Kerangka ASEAN Australia Selandia Baru Area Perdagangan Bebas (the ASEAN-Australia-New Zealand Free Trade Area/AANZFTA), Pengesahan Deklarasi Menteri terkait Kerangka Kerja Inisiatif Industri berbasis Proyek di ASEAN, serta Pengesahan Kerangka Acuan Kerja (TOR) Pembentukan Unit Pendukung Regional Comprehensive Economic Partnership (RCEP) di Sekretariat ASEAN.

Untuk dua capaian prioritas ekonomi ASEAN lainnya menurut Mendag ditargetkan selesai pada akhir 2023. “Kedua capaian prioritas tersebut yaitu implementasi Secara Penuh Surat Keterangan Asal Elektronik (e-Form D) melalui ASEAN Single Window (ASW) dan Finalisasi peta jalan harmonisasi standar untuk mendukung implementasi dari pembangunan berkelanjutan,” tambahnya.

Mendag Zulkifli Hasan mengungkapkan, Keketuaan Indonesia di ASEAN dijalankan di tengah situasi yang penuh tantangan. “Melalui tema ASEAN Keketuaan tahun ini adalah ‘ASEAN Matters: Epicentrum of Growth’, kami melihat ASEAN sangat penting dan relevan.”

ASEAN juga harus menjadi pusat pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan dan melanjutkan pembangunan arsitektur kawasan yang inklusif. “Kami juga ingin mendorong agar ASEAN semakin kuat untuk dapat menjawab berbagai tantangan ke depan, memperkuat kesatuan, dan sentralitas ASEAN,” kata Mendag Zulkifli Hasan.

 

Pertemuan AEM merupakan pertemuan keempat, dari 19 rangkaian Pertemuan AEM ke-55. Pertemuan ini dihadiri para Menteri Ekonomi ASEAN kecuali Myanmar, Menteri Perdagangan dan Industri Timor-Leste Filipus Nino Pereira, serta Sekretaris Jenderal ASEAN Dr. Kao Kim Hourn. (*)



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *