Manfaat makan dengan tangan, membantu menyeimbangkan metabolisme

Uncategorized129 Dilihat

CANTIKA.COM, Jakarta – Apakah kamu makan dengan tangan saat makan di restoran Padang? Kalau iya, percayalah, ada sejumlah manfaat besar yang bisa Anda rasakan saat makan dengan tangan.

Seperti dilansir laman Medical Daily, Selasa 26 Desember 2023, direktur Rumah Sakit Nagarjuna Ayurveda di negara bagian Kerala, India selatan, Dr. Palateri Nambi Nambodiri mengatakan bahwa makan dengan tangan membantu menjaga metabolisme. Ini penting untuk keselamatan secara keseluruhan. Saat Anda menggunakan tangan, setiap indera mendapat makanan.

“Sentuhan merupakan indera yang sangat penting berkaitan dengan kesehatan. Saat kita makan, kita melihat makanannya, kita mencium makanannya, dan kita juga membicarakan makanannya. Keempat indera terlibat dalam proses tersebut. juga meningkatkan indra peraba,” kata Dr. Nambodri kepada Medical Daily.

Mengenai manfaat yang mungkin didapat, Dr. Nambudri berpendapat bahwa mencampur makanan dengan tangan adalah cara terbaik untuk menghasilkan rasa yang tepat, yang menyeimbangkan “tridoshas” (tiga kekuatan dasar yang mengatur tubuh manusia, vata, pitta dan kabha). Kekuatan dasar) memiliki manfaat terapeutik dengan menyeimbangkannya. .” Dalam Ayurveda).

Dr. Namobodri menjelaskan bahwa persepsi rasa terhadap tekstur yang berbeda muncul saat kita menggunakan tangan. Merasakan makanan terlebih dahulu dengan jari membantu kita mengetahui suhu makanan tersebut karena makanan yang terlalu panas atau dingin di lidah tidak baik untuk indra perasa. Hal ini juga berguna untuk meningkatkan koordinasi gerakan yang baik.

Di tahun Sebuah studi tahun 2019 yang diterbitkan dalam Journal of Retailing menemukan bahwa orang dengan pengendalian diri yang baik tidak hanya menganggap makanan lebih enak dan memuaskan ketika mereka menyentuh makanan langsung dengan tangan daripada menggunakan peralatan makan, mereka juga memakannya lebih banyak.

Baca Juga  Siahrul Yasin Limpo, jaksa, mengatakan penyidik ​​kasus Firli Bahuri sudah menemui 6 orang saksi.

“Hasil kami menunjukkan bahwa bagi orang yang rutin memantau asupan makanannya, kontak langsung meningkatkan masukan sensorik, membuat makanan lebih diinginkan dan menarik,” kata peneliti Adriana Madzharov dari Stevens Institute di New Jersey.

Menurut studi tahun 2022 yang diterbitkan dalam International Journal of Gastronomi dan Ilmu Pangan, makan dengan tangan membantu seseorang mendapatkan informasi berharga tentang makanan, termasuk kesegaran, kesiapan, dan suhunya.

Ketika seseorang menggunakan tangannya, itu adalah proses yang lebih sadar, sehingga laju makannya melambat. Hal ini memberi otak cukup waktu untuk bereaksi ketika kenyang, meningkatkan pencernaan dan mengatur gula darah sehingga mengurangi risiko diabetes. Bagi lansia yang memiliki kesulitan motorik dalam mengatur makanan, beralih ke makan dengan tangan dan beralih ke porsi kecil mungkin bermanfaat bagi mereka.

Pilihan Editor: 5 Cara Makan Salah yang Bikin Berat Badan Susah Turun

Hallo sahabat cantik, yuk update informasi untuk para wanita Telegram yang indah

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *