Mahfud MD, Cara Mengatasi Ketimpangan Ekonomi, Dimulai dari Pemberantasan Korupsi

Uncategorized49 Dilihat

TEMPO.CO, Jakarta – Calon Wakil Presiden Nomor Urut Tiga, Mahfud MD Di tahun Jika terpilih menjadi presiden pada 2024, ia menyampaikan rekomendasinya untuk mengatasi masalah ketimpangan ekonomi. Hal itu disampaikan Mahfud saat menghadiri acara bertajuk ‘Dialog Diaspora NTT bersama Prof Mahfud MD’ di Jakarta, Selasa, 19 Desember 2023 lalu.

Dalam kasus itu, Mahfud menyebut dirinyalah penyebab permasalahan tersebut. Ruang angkasa Pertumbuhan ekonomi Saat ini, korupsi masih merajalela di berbagai wilayah di Indonesia.

“Kenapa masih? Kenapa sekarang semua pertumbuhan itu tidak enam persen? Teori yang bisa menjelaskan semua ini dengan baik adalah Indonesia terlalu banyak korupsi,” kata Mahfud dalam acara tersebut.

Menurut Mahfud, jika persoalan korupsi bisa diatasi pemerintah, maka uang yang diambil para koruptor bisa lebih adil dibandingkan dengan mengembangkan usaha mikro, kecil, dan menengah di daerah dan mendorong pertumbuhan ekonomi. .

Oleh karena itu, pemerintah ingin memberikan perhatian lebih untuk meningkatkan perekonomian negara dan mendistribusikan pendapatan secara adil untuk menjamin kesetaraan bagi masyarakat kelas bawah.

“Termasuk mengatasi perbedaan antara satu daerah dengan daerah lainnya, tentunya termasuk NTT, harus menjadi prioritas utama pembangunan ke depan,” ujarnya.

Selain itu, ia mengaku mempelajari setidaknya empat bidang penting yang patut diperhatikan dalam pembangunan ekonomi suatu negara. Mulai dari tingkat belanja pemerintah, tingkat konsumsi masyarakat, aktivitas ekspor-impor dan digitalisasi.

“Korupsi merajalela di keempat sektor yang menjadi sumber pertumbuhan ekonomi masyarakat,” ujarnya.

Menko Polhukam menilai perekonomian Indonesia berpotensi tumbuh lebih dari enam persen setiap tahunnya. Namun sayangnya, kegagalan pemerintah dalam memberantas korupsi telah menyebabkan kesenjangan yang semakin besar antara pengelola sumber daya alam dan sumber daya manusia.

Baca Juga  Catatan lagu Celine Dion akan dilelang bulan depan.

iklan

Misalnya saja dalam empat tahun terakhir saya melihat kasus korupsi senilai 701 triliun birr, ujarnya.

Ketimpangan ini membuat pertumbuhan ekonomi Indonesia tidak merata, kata Mahfud. Ia kemudian mencontohkan kontribusi wilayah barat Indonesia yang menguasai 80 persen pertumbuhan ekonomi negara. Faktanya, Pulau Jawa sendiri menyumbang 57 persen perekonomian negara, sedangkan wilayah timur hanya menyumbang 20 persen.

Mengingat wilayah timur Indonesia seperti Nusa Tenggara Timur (NTT) memiliki potensi alam dan keanekaragaman budaya yang sangat kaya, wakil presiden nomor urut tiga itu pun menyayangkan. Namun kondisinya masih di bawah rata-rata nasional karena pemerintah belum mengelola potensinya dengan baik.

Oleh karena itu, saya katakan, teori apa pun yang Anda gunakan, jika korupsi tidak bisa diberantas, setidaknya menghentikan penyebaran korupsi dari waktu ke waktu, maka pertumbuhan ekonomi tidak akan mencapai apa-apa, kata mantan Ketua Konstitusi sekaligus Hakim ini. Pengadilan (MK)

Mahfud MD berpasangan dengan Ganjar Pranowo pada Pilpres 2024. Ia akan bersaing dengan dua calon presiden dan wakil presiden lainnya, Anis Basedan dan Muhaimin Iskandar, serta Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka, di Partai Demokrat pada 14 Februari 2024.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) akan menggelar Debat Capres Wakil Presiden pada Jumat, 22 Desember 2023. Debat ini mempertemukan Muhaimin Iskandar, Gibran Rakabuming Raka dan Mahfud MD untuk menyampaikan visi, misi dan gagasannya kepada masyarakat Indonesia. Sedangkan ketiga calon presiden hanya ada untuk mengkampanyekan wakilnya.

Raden Putri | di antara

Pilihan Redaksi: Cak Imin Sebut Jalan Tol Tak Dinikmati Tukang Becak, Begini Penjelasan Timnas Amin.



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *