KPU meminta KontraS memasukkan topik HAM dalam debat capres dan cawapres

Uncategorized82 Dilihat

TEMPO.CO, Jakarta – Dimas Bagus Arya, Koordinator Komisi Orang Hilang dan Kekerasan, menyatakan tema sudah diputuskan. Debat capres– cawapres 2024, tidak ada topik khusus yang diperdebatkan oleh masing-masing pasangan calon.

Hingga saat ini masyarakat belum mengetahui secara pasti topik apa saja yang akan dibahas pada debat pertama, kata Dimas dalam keterangan tertulisnya, Kamis, 7 Desember 2023.

Dimas mengatakan, tema debat pertama terkait hukum, HAM, pemerintahan, pemberantasan korupsi, dan penguatan demokrasi. Namun hal ini belum menjadi persoalan tersendiri yang perlu dibicarakan. Oleh karena itu, Dimas mengatakan organisasinya menyiapkan beberapa memo untuk KPU untuk dimasukkan ke dalam teks perdebatan.

Menurutnya, catatan Contras bertujuan untuk mengukur komitmen masing-masing mitra dalam memajukan supremasi hukum, menghormati hak asasi manusia, dan memajukan demokrasi. Pertama, strategi dan taktik calon presiden dan wakil presiden secara historis memberatkan dalam menangani pelanggaran HAM berat di masa lalu.

Peran presiden dalam sistem presidensial adalah memandu perkembangan hak asasi manusia dan arah peradaban di Indonesia. Peran Presiden adalah melaksanakan reformasi sektor keamanan dan mencegah institusi keamanan seperti Polri dan TNI melanjutkan pelanggaran hak asasi manusia.

iklan

Selain itu, komitmen Presiden terhadap langkah-langkah strategis untuk mengakhiri konflik dan kekerasan di Papua adalah dengan meningkatkan pengambilan kebijakan dari proses yang akuntabel, transparan, dan partisipatif. Selain itu, langkah-langkah untuk meningkatkan dan memulihkan demokrasi dan kebebasan sipil di bawah pemerintahan Presiden Joko Widodo atau Jokowi terus digencarkan.

Juga, komitmen mitra untuk mengakhiri pelanggaran hak asasi manusia dalam pembangunan. Berikutnya, menurutnya, adalah langkah-langkah yang dilakukan untuk memulihkan kebebasan akademik. Dan terakhir, tindakan presiden untuk memperkuat institusi hak asasi manusia. “Untuk melakukan pengendalian dalam kerangka tersebut dari menjaga keseimbangankata Dimas.

Baca Juga  Marco Bezecchi bercerita tentang perbedaan motor baru tim balap Pertamina Enduro VR46

Dimas berharap KPU Beberapa catatan tersebut ia masukkan dalam judul debat capres-cawapres. Sebab, kata dia, catatan di atas merupakan upaya KontraS untuk mendesak KPU mengkaji isi masing-masing ketua calon dan menyajikan debat yang benar-benar obyektif dan sukses. “Kami berharap debat ini bersifat seremonial dan bukan sekedar acara formal,” kata Dimas.

Pilihan Redaksi: Jokowi Minta Pemerintah Pusat Bantu Selesaikan Permasalahan Air di Kupang



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *