KPU DKI menargetkan penyortiran surat suara pemilu 2024 selesai pada akhir bulan ini

Uncategorized372 Dilihat

TEMPO.CO, Jakarta – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Diki Jakarta menyasar semua penyortiran yang terlipat. Pemungutan suara Akhir bulan ini akan selesai di Dicky Jakarta.

“Target kita akhir Januari selesai,” kata Astri Megatari, Kepala Bidang Masyarakat, Pendidikan Pemilih, dan Sosialisasi Masyarakat KPU Kabupaten Diki Jakarta. TEMPO Rabu, 10 Januari 2024 saat bertemu lewat SMS.

Proses pemungutan suara b pemilu 2024 Di seluruh KPU Kota/Provinsi DKI Jakarta, hal itu sudah dilakukan sejak 2 Januari. DKI Jakarta memiliki 1 juta daftar pemilih tetap atau DPT per kabupaten atau kota. “Jadi misalnya 1 juta kali 4 juta suara, berarti perlu disortir sekitar 4 juta surat suara,” ujarnya.

Sebagai kepala departemen perencanaan dan logistik KPU DKI Nelvia Gustina, saat ini pendistribusian surat suara untuk DPR RI dan DPRD DKI sedang berlangsung. Pemungutan suara Pilpres dan Dewan Perwakilan Negara (DPD) akan dilaksanakan pada pertengahan Januari 2024.

Apabila kertas suara rusak, akan dilakukan 2 kali putaran untuk menentukan apakah kertas suara tersebut rusak atau tidak. “Pertama melipat kru penyortiran, lalu terakhir melakukan penyortiran ulang untuk memastikan kelompoknya benar-benar rusak atau tidak,” kata Nelvina.

Terkait pemusnahan surat suara rusak akan dilakukan sesuai surat keputusan Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia atau KPTS Nomor 1395 Tahun 2023. Prosedur:

1. Dilakukan satu hari atau 1 hari sebelum hari pemungutan suara.

iklan

2. Disertifikasi oleh Kepolisian Republik Indonesia dan oleh Badan Pengawas Pemilu Daerah atau Kota atau Waaslu.

3. Melaporkan kejadian perusakan.

Untuk proses penyortiran surat suara secara lipat, Komisioner KPU DKI Astri Megatari mengutamakan pekerja yang berpengalaman bekerja di industri percetakan dan masyarakat sekitar KPU. “Kami mengutamakan orang-orang yang berpengalaman,” ujarnya.

Baca Juga  Fakta Aliran Bantuan Kemanusiaan dari Jerman dan Rusia ke Gaza

Soal platform kehormatan yang diterima masing-masing pembuat surat suara lipat, Nelvia enggan menjawab dengan alasan berada di wilayah hukum masing-masing kantor KPU Kabupaten/Kota Dickey. “Ini termasuk program honor,” ujarnya.

Pilihan Redaksi: KPU DKI melarang lembaga survei menempatkan pendukung kampanye di pohon dan trotoar yang dipantau



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *