Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan akan menambah kuota mahasiswa program IISMA 2024

Uncategorized520 Dilihat

TEMPO.CO, JakartaIndonesia International Student Mobility Awards (IISMA) merupakan salah satu program utama yang dilaksanakan oleh Kampus Merdeka Belajar (MBKM) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek). Karena keinginannya yang kuat untuk mengikuti program tersebut IISMAKementerian Pendidikan dan Kebudayaan akan menambah kuota Murid tahun ini.

“Akan ada penambahan kuota pada tahun 2024,” kata Ketua Program IISMA Rachamath Sriwijaya dalam sosialisasi IISMA pada Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah V, VI dan VI pada Rabu, 3 Januari 2024, seperti dikutip dari website UGM. .

Saat pertama kali dibuka pada tahun 2021, kuota yang tersedia sebanyak 1.000 siswa. Tahun berikutnya, kuota ditingkatkan menjadi 1.100.

“Kemudian kita tingkatkan menjadi 1.984 pada tahun 2023, dan kita harapkan bisa mengirimkan 3.000-3.300 pada tahun ini. Penerima penghargaan. “Kami berharap ada pemerataan tidak hanya di Pulau Jawa, tapi minat pelajar semakin meningkat,” kata Rachmat.

Penuh Penerima penghargaan Nantinya akan didistribusikan ke 140 mitra dari 35 negara terdaftar mulai tahun 2024. ISMA sendiri merupakan program yang memberikan kesempatan kepada mahasiswanya untuk belajar di kampus luar negeri pilihannya selama satu semester.

Ada tiga jalur masuk ke program IISMA yaitu Sertifikasi, Reguler dan Dukungan keuangan bersama. Metode autentikasi tersebut dikhususkan bagi mahasiswa BIDK Missi, penerima Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP-K) dan mahasiswa dari daerah tertinggal, perbatasan dan terpencil (3T). Cara ini dimaksudkan untuk membuka kesempatan yang sama bagi seluruh pelajar Indonesia, khususnya pelajar yang mengalami kesulitan ekonomi.

Siswa lain dapat mendaftar melalui jalur reguler atau umum. Kedua metode ini dilaksanakan secara bersamaan mulai dari pendaftaran, seleksi, iklan, originasi.

Bagi mahasiswa yang tidak diterima pada jalur reguler, IISMA membuka kesempatan melalui jalur tersebut. Dukungan keuangan bersama atau pendanaan sebagian antara mahasiswa dan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. “Perbedaan jalan Dukungan keuangan bersama Artinya, tidak semua kampus bisa dicantumkan. Ada beberapa mitra yang tidak mengizinkan pendaftaran. Dukungan keuangan bersamakata Rachmat.

Baca Juga  Rangkuman poin-poin tindak lanjut Sri Mulyani di forum IMF-Bank Dunia

iklan

Perbedaan lain dari cara ini adalah dukungan finansial dilakukan secara parsial. “Kami hanya memberikan uang kepada manajemen kampus. Biaya pendidikandan biaya tiket keberangkatan,” Senior Manager Operasi dan Administrasi IISMA, Dr. Andy Rahardian Wijaya.

Ia menekankan, pelaksanaan program IISMA harus didukung penuh oleh partisipasi mahasiswa untuk menghadapi tantangan Industri 4.0. Kemajuan teknologi saat ini telah membatasi kesempatan kerja di kalangan angkatan kerja yang berkembang pesat. Sayangnya, kemampuan atau kemampuan dalam menguasai teknologi masih terbatas pada masyarakat umum, khususnya pelajar.

Menurut Andy, kuliah di luar negeri tidak hanya memberikan kesempatan untuk mengembangkan berbagai keterampilan, tetapi juga memberikan lingkungan belajar di luar kampus yang tetap relevan dengan jadwal studi. Dia bilang begitu. 10 balapan yang dibutuhkan di masa depan Ciptakan kesan, berputarterserah kamu Buat perhitungan Dan Kolaborasi virtual.

“Makanya kami membuat program ini dimana mata kuliah yang diambil adalah 10 mata kuliah berbasis kompetensi,” kata Andy.

Program IISMA akan resmi dibuka pada bulan Januari hingga Februari 2024.

Pilihan Editor: Kisah Ali bergabung dengan IISMA di Lithuania, sebuah studi dinamis dengan fasilitas modern



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *