Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan mengumumkan dampak negatif rokok terhadap kesehatan mental anak.

Uncategorized57 Dilihat

TEMPO.CO, Jakarta – Ukuran Anak-anak yang merokok Standar yang tinggi membuat banyak orang cemas. Nancy Diane Angreni, Asisten Deputi Pengendalian dan Pengelolaan Penyakit Kementerian Koordinasi Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, mengatakan selain membahayakan kesehatan anak, merokok juga berdampak negatif pada pikiran dan otak anak.

Sebatang rokok “Hal ini dapat membuat anak-anak kita mempunyai kecenderungan untuk mengambil keputusan terhadap suatu hal, sehingga mereka tidak menjadi orang yang kuat karena selalu bergantung pada zat-zat adiktif,” kata Nancy dalam diskusi “Pembekalan dan Pemantauan Nasional Harga Jual Rokok 2018” 2023” di Jakarta, Rabu 13 Desember 2023.

Ia menyatakan, anak-anak tidak boleh terpapar pada perilaku yang dapat berujung pada kecanduan merokok. Untuk itu, Nancy sangat mendukung usulan kenaikan cukai rokok sebesar 25 persen.

“Permasalahan anak sangat besar, konsumsi rokok sudah mencapai 3,2 juta anak Perokok pemula. Jika kita membiarkan hal ini terjadi, maka hal ini akan semakin meningkat.

Naikkan pajak
Menurut Nancy, kenaikan cukai rokok bisa menjadi langkah efektif untuk mengurangi konsumsi rokok di kalangan anak-anak. Namun, ia menekankan pentingnya menciptakan desain cukai yang tidak mengganggu pesan edukasi pada kemasan tentang bahaya merokok.

iklan

“Ke depan, desain cukai harusnya bisa menampilkan peringatan grafis tentang bahaya merokok. Kita berharap tidak ada pita cukai yang menutupi pesan tersebut,” ujarnya.

Ia juga mengusulkan pemberian sanksi kepada perusahaan rokok yang tidak mematuhi standar harga eceran. Dengan cara ini, penjualan rokok dapat dikendalikan secara efektif dan penjual dituntut untuk berpartisipasi aktif dalam memberikan pendidikan kepada anak-anak.

“Pedagang juga bisa meminta KTP sebagai upaya preventif membatasi akses anak terhadap rokok,” ujarnya.

Baca Juga  3 Bagian Tubuh yang Sering Lupa Dibersihkan Saat Mandi

Pilihan Editor: Pesan Dokter Paru Tentang Rokok Elektronik, Berbahaya dan Membuat Ketagihan.



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *