Kandungan Gizi Pisang, Bedanya Mentah dan Matang?

Uncategorized186 Dilihat

TEMPO.CO, Jakartapisang Salah satu jenis buah yang mudah didapat di pasaran. tersebut Garis kesehatanSatu buah pisang berukuran 100 gram mengandung 89 kalori, 75 persen air, 1,1 gram protein, 22,8 gram karbohidrat, 12,2 gram gula, 2,6 gram, dan 0,3 gram lemak.

Bahan pisang

1. Karbohidrat

Sumber pisang Karbohidrat. Pisang mentah mengandung pati. Mengenai gula pisang yang sudah matang. Komposisi karbohidrat pisang berubah selama proses pemasakan. Pisang hijau mengandung hingga 80 persen pati berdasarkan berat keringnya. Selama proses pemasakan, pati diubah menjadi gula, yaitu kurang dari 1 persen saat pisang matang.

Jenis gula pada pisang matang adalah sukrosa, fruktosa, dan glukosa. Kandungan gula total pisang matang lebih dari 16 persen berat segarnya. Indeks glikemik pisang tergolong rendah, yakni 42 hingga 5. Hal ini tergantung pada tingkat kematangannya. Indeks glikemik mengukur seberapa cepat karbohidrat dalam suatu makanan memasuki aliran darah dan meningkatkan kadar gula darah.

2. Serat

Pisang mentah mengandung pati resisten yang melewati usus tanpa tercerna. Di usus besar, pati ini dipecah oleh bakteri menjadi butirat. Ini adalah asam lemak rantai pendek yang memiliki efek menguntungkan bagi kesehatan usus.

iklan

Pisang merupakan sumber serat yang baik seperti pektin. Beberapa pektin dalam pisang larut dalam air. Saat pisang matang, jumlah pektin yang larut dalam air meningkat. Pisang menjadi lebih lembut seiring bertambahnya usia.

3. Vitamin dan mineral

Pisang merupakan sumber banyak vitamin dan mineral, terutama potasium, vitamin B6 dan vitamin C. Pisang merupakan sumber potasium yang baik. Pola makan kaya potasium menurunkan tekanan darah pada orang dengan kadar potasium tinggi dan bermanfaat bagi kesehatan jantung. Pisang mengandung vitamin B6 dalam jumlah tinggi. Satu buah pisang berukuran sedang menyediakan hingga 33 persen dari nilai harian vitamin ini.

Baca Juga  Pembunuhan John Lennon, musisi paling terkenal di Inggris

Pilihan Editor: 5 Manfaat Makan Pisang Mentah Bagi Kesehatan



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *