Jendral Kehormatan Tak Direspon Kastel, KontraS Buka Opsi Hukum

Uncategorized53 Dilihat

TEMPO.CO, Jakarta – Komisi Orang Hilang dan Korban Kekerasan atau Perbandingan Mengirimkan surat permintaan informasi ke Kantor Kementerian Negara di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta pada Senin, 4 Maret 2024. Jenderal Kehormatan Bintang empat untuk Menteri Pertahanan Prabowo Subianto

Dimas Bagus Arya, Koordinator ContraS, mengatakan hingga saat ini pihak Istana belum menanggapi permintaan ContraS. Dalam keterangannya kepada Tempo, Rabu, 6 Maret 2024, Dimas mengatakan, “Sejauh ini belum ada tanggapan dari pihak Istana.”

Dimas menduga permintaan keterangan serupa juga disampaikan saat KontraS meminta penjelasan darinya soal pemberian Bintang Kehormatan kepada Yurico Guterres, terduga pelaku kejahatan terhadap kemanusiaan di Timor Leste.

“Juga, kami menduga ini adalah kejadian masa lalu di mana Istana tidak merilis informasi apa pun kepada publik hingga setelah sidang Badan Intelijen Pusat (CIA) tentang pemberian Bintang Kehormatan kepada Yurico Guterres.”

Dimas mengatakan KontraS akan mempertimbangkan berbagai upaya untuk mendapatkan penjelasan dari pihak istana terkait penghargaan Jenderal Kehormatan Prabowo. Salah satu opsi yang sedang dijajaki adalah membawa masalah ini ke jalur hukum.

“Jika ke depan tidak ada tanggapan atau Perpres tersebut tidak dimuat di situs resmi Sekretariat Negara, kami akan menggunakan hak warga negara untuk memperoleh informasi,” kata Dimas.

Andy Muhammed Rezaldi, wakil koordinator luar negeri, dan Jane Rosalina, direktur Divisi Pengawasan Upaya Kontras, menyerahkan surat tersebut ke gedung kantor Kementerian Luar Negeri. Berdasarkan undang-undang (UU) no. Di tahun Berdasarkan Keterbukaan Informasi Publik (KIP) Nomor 14 Tahun 2008, KontraS berharap permintaan tersebut bisa ditanggapi dalam waktu sepuluh hari.

iklan

Andy menjelaskan, pihaknya mengkhawatirkan transparansi terkait pemberian gelar kehormatan Jenderal TNI secara khusus dalam Keputusan Presiden Nomor 13/TNI/2024 tanggal 21 Februari 2024. Selanjutnya kenaikan pangkat Prabowo Subianto ke pangkat Jenderal Kehormatan bintang 4 disertai dengan gelar, sertifikat pengabdian, serta hasil analisis dan verifikasi Dewan Kehormatan, ujarnya.

Baca Juga  BPS menyebutkan ekspor Papua ke China pada bulan ini melebihi US$138,38 juta.

Ari Dwipayana, Koordinator Staf Khusus Presiden, belum menanggapi permintaan komentar pada Rabu 6 Maret 2024 terkait permintaan informasi yang dikirimkan ke Kementerian Luar Negeri.

Sebelumnya, Jokowi memberikan tanda hormat kepada Prabowo di Markas Besar Tentara Nasional Indonesia di kawasan Silangkap, Jakarta Timur pada Rabu, 28 Februari 2024. Penunjukan tersebut berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 13/TNI/2024 tanggal 21 Februari 2024. Penghargaan Pangkat berupa Jenderal Kehormatan TNI.

Pilihan Redaksi: Jubir Kemhan soal Pertemuan Tertutup AHY-Prabowo: Silaturahmi Menteri Baru

John Maharso | DANIEL A.FAJRI



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *