Jalan Tol dan Arteri Primer di IKN Nusantara Bisa Jadi Runway Pesawat

Tak Berkategori197 Dilihat

Rabu, 9 Agustus 2023 – 14:32 WIB

Jakarta – Satgas Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur Ibu Kota Negara (IKN) mengungkapkan kecanggihan infrastruktur di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara nantinya. Salah satunya fungsi jakan Tol Seksi 6A yang dapat digunakan sebagai landasan pacu atau runway pesawat.

Baca Juga :

Jokowi Tawarkan 34 Ribu Hektare Lahan IKN ke Pengusaha Real Estate: Gak Ada Gratisan!

“Jalan tol tersebut yang dalam keadaan tertentu dapat berfungsi sebagai runway pesawat,” ujar Ketua Satgas Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur IKN Danis Sumadilaga di Jakarta, Rabu, 9 Agustus 2023.

Danis mengatakan, Kementerian PUPR merancang Jalan Tol Akses IKN Seksi 6A dan 6B selain berfungsi jalan tol biasa, juga didesain sebagai runway pesawat. Dengan panjangnya sekitar 3 km dan memiliki kontur jalan lurus sebagaimana runway pesawat.

Baca Juga :

Sebut IKN Jadi Proyek Terbesar di Dunia saat Ini, Jokowi Tegaskan Lahannya Tak Ada yang Gratis

“Selain berfungsi sebagai jalan tol biasa, namun ketika dalam kondisi tertentu atau darurat jalan tol itu didesain sebagai landasan pacu,” kata Danis.

Pembangunan jalan lingkar sepaku yang menjadi konektivitas menuju IKN.

Baca Juga :

KMHDI Kasih Ide ke Jokowi, Garis Khatulistiwa jadi Gerbang Indonesi Timur Menuju IKN

Kemudian lanjut dia, sejumlah jalan arteri primer di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara juga dipertimbangkan agar bisa didarati oleh pesawat. Kemungkinan panjang jalan arteri IKN tersebut sekitar 1-2 km agar dapat didarati oleh pesawat.

Sebagai informasi, beberapa negara di dunia telah memanfaatkan jalan-jalan yang lurus untuk bisa didarati atau menjadi landasan pesawat. Ibu Kota Negara Nusantara dibangun untuk mencapai target Indonesia sebagai negara maju, sesuai Visi Indonesia 2045.

Halaman Selanjutnya

Kemudian menjadi mesin penggerak bagi Kalimantan, dan menjadi pemicu penguatan rantai nilai domestik di seluruh Kawasan Timur Indonesia, Ibu Kota Nusantara di tengah Indonesia akan menempatkan Indonesia dalam posisi yang lebih strategis dalam jalur perdagangan dunia, aliran investasi, dan inovasi teknologi.

img_title



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *