Jaksa Militer Minta Hukuman Mati Bagi 3 Anggota TNI Pembunuh Imam Mesikur Apa Kewenangan Otmil?

Uncategorized179 Dilihat

TEMPO.CO, Jakarta – Paspumps dan dua anggota TNI dijatuhi hukuman mati terkait penculikan dan pembunuhan berencana. Imam Mesikur Pada tanggal 27 November 2023.

Peristiwa penculikan itu terjadi di Saat itu 12 Agustus 2023. Imam diculik di toko kosmetiknya di kawasan Siputat, Tangsel. Diduga cara pelaku membunuh imam tersebut adalah dengan meminta uang tebusan dari keluarga saat korban sedang mengemudi.

Tiga anggota TNI didakwa di pengadilan militer. Sementara anggota masyarakat sipil yang diduga terlibat kasus tersebut kini diproses hukum di Polda Metro Jaya. Jaksa militer II-07 Letkol Upen Jaya Supena mengatakan, tidak ada yang menyurutkan minat ketiga anggota TNI tersebut.

Tidak ada hal-hal yang meringankan (tuntutan), kata Supena saat membacakan pertanyaan di Pengadilan Militer II-08, Cakung, Jakarta Timur, Senin, 27 November 2023.

Supena menambahkan, setidaknya ada tiga faktor yang membebani ketiga terdakwa. Perbuatan pelaku yang terlibat penculikan dan pembunuhan warga sipil dinilai melanggar sumpah prajurit TNI. Tindakan mereka bertentangan dengan poin kedua sumpah prajurit TNI yang menyatakan kewajiban menaati hukum dan menjunjung tinggi disiplin militer, kata Supena.

Tak hanya itu, tindakan anggota Paspampress Praka Riswandi Manik, anggota Direktorat Medan TNI AD Praka Heri Sandi, dan anggota Kodam Iskandar Muda Praka Jasmowir dinilai melanggar poin dalam 8 Amanat TNI.

“Mereka juga melanggar poin keenam TNI tidak boleh merugikan rakyat dan poin ketujuh TNI tidak boleh mengancam dan merugikan rakyat,” kata Supena selaku jaksa militer.

Apa itu jaksa militer?

iklan

Menurut Peraturan Komando Bangunan Nasional Indonesia Nomor 7 Tahun 2018, Kejaksaan Militer atau Otmil adalah badan yang menjalankan kekuasaan pemerintah dalam mengadili dan mengusut perkara pidana di lingkungan TNI, dan tersangkanya adalah prajurit TNI. . Kapten atau di bawahnya.

Baca Juga  Seorang pembunuh tak kasat mata menggantung di udara kota-kota Asia.

Ada tiga tingkatan jaksa militer: jaksa militer, jaksa militer senior, dan jaksa umum. Menurut Pasal 64 Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1997 tentang Peradilan Militer, jaksa militer mempunyai beberapa tugas dan wewenang sebagai berikut.

1. Penuntutan terhadap terdakwa dalam perkara pidana

  • Kapten dan di bawahnya;
  • Sebagaimana dimaksud dalam pasal 9 angka 1 huruf b dan huruf c, para terdakwa “berpangkat” kapten ke bawah;
  • Berdasarkan Pasal 9 Angka 1 huruf D, mereka yang harus diajukan ke pengadilan militer;

2. Melaksanakan putusan hakim atau putusan pengadilan di daerah Keadilan militer atau pengadilan pada lingkungan peradilan umum;

3. Lakukan tes tambahan.

4. Melakukan penyelidikan.

Pilihan Redaksi: Paspump dan 2 TNI Pembunuh Imam Mesikour Tuntut Hukuman Mati dan Diusir dari TNI.



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *