Jadwal dan Pratinjau Semifinal Piala Afrika 2023: Nigeria vs Afrika Selatan, Pantai Gading vs Kongo

Uncategorized126 Dilihat

TEMPO.CO, JAKARTA – Piala Afrika 2023 Dia masuk semifinal. Dua laga Nigeria vs Afrika Selatan dan Pantai Gading vs Kongo akan dimainkan pada Kamis pagi 8 Februari 2024.

Laga Nigeria vs Afrika Selatan merupakan semifinal pertama pukul 00.00 WIB. Laga kedua akan digelar antara Pantai Gading kontra Kongo pada pukul 03.00 WIB.

Keempat tim semifinal ini adalah tim berpengalaman di Piala Afrika. Semua tim memenangkan trofi kejuaraan di turnamen besar negara-negara Afrika ini.

Pertandingan Nigeria vs Afrika Selatan

Nigeria mengalahkan Angola dengan tipis 1-0 di perempat final untuk melaju ke semifinal. Dalam laga tersebut, gol Super Eagles dicetak oleh winger Ademola Luckman, salah satu bintang klub Liga Italia Atalanta.

Sementara Afrika Selatan berhasil mencapai babak semifinal dengan cara yang sulit, lewat adu penalti. Bafana Bafana menang adu penalti 2-1. Nigeria dan Afrika Selatan kini akan bertemu di babak semifinal untuk memperebutkan tiket ke final Piala Afrika 2023.

Sebelum pertandingan ini, Nigeria diunggulkan berdasarkan rekor head-to-head keduanya. Laga ini merupakan laga keempat kedua tim di Piala Afrika. Dari tiga laga terakhir, Nigeria menang agregat 8-1.

Rapornya mencakup pertandingan terakhir semifinal Piala Afrika 2000, di mana Nigeria menang 2-0 berkat dua gol Tijani Babangida.

Super Eagles of Nigeria juga memiliki rekor bagus dan telah memenangkan empat pertandingan terakhir Piala Afrika tanpa kebobolan satu gol pun. Sebab, mereka berpeluang mencatatkan 5 kemenangan beruntun dalam sejarahnya di Piala Afrika.

Striker Nigeria Victor Osimhen hanya mencetak satu gol di Piala Afrika 2023. Namun, bintang Napoli itu telah mencetak total 19 gol, jumlah tertinggi di Piala Afrika 2023.

Baca Juga  KEKERASAN DALAM RUMAH TANGGA Dr Corey, hasil pasca Viz menunjukkan lebam di bibir, punggung, lengan, paha.

Di sisi lain, pertahanan Nigeria patut diwaspadai Temba Zwane. Bintang asal Afrika Selatan itu menyumbang dua gol dan satu assist dari tiga gol Bafana di Piala Afrika 2023. Dengan demikian, Zwane menyumbang 50 persen dari enam gol yang dicetak di Piala Afrika 2023.

Laga Pantai Gading vs Kongo

iklan

Tuan rumah, Pantai Gading, secara mengejutkan melaju ke babak semifinal. Mereka gagal mencapai babak knock-out dan berhasil lolos dengan finis terbaik di peringkat ketiga. Setelah itu, Pantai Gading tak terbendung. Mereka mengalahkan juara bertahan Senegal di babak 16 besar melalui adu penalti.

Selanjutnya mereka melaju ke semifinal dengan mengalahkan Malin di perempat final untuk memperebutkan emas melalui perpanjangan waktu. Gol Omar Diakite pada menit 120+2 mengantarkan Pantai Gading ke babak semifinal.

Gol ini menjadikan Omar Diakite (usia 20) sebagai pemain Pantai Gading termuda yang mencetak gol di Piala Afrika sejak Tchiresoua Guel pada tahun 1994 (18 tahun 31 hari).

Kini Pantai Gading yang dilatih pelatih sementara Emmerse Faye akan menghadapi Kongo di babak semifinal pada Kamis 8 Februari 2024 pukul 03.00 WIB.

Ini akan menjadi kali keenam Pantai Gading dan Kongo bertemu di Piala Afrika. Dari 5 laga terakhirnya, Pantai Gading menang 2 kali, Kongo menang 1 kali dan 2 laga lainnya berakhir imbang.

Pantai Gading dan Kongo pernah bertemu satu kali di babak playoff, yaitu di semifinal Piala Afrika 2015, di mana Pantai Gading menang 3-1 dan kemudian menjadi juara. Laga ini akan menjadi semifinal Piala Afrika ke-10 bagi Pantai Gading dan semifinal ketujuh bagi Kongo.

Pertahanan Pantai Gading patut diwaspadai Arthur Masuku yang menciptakan 10 gol di Piala Afrika 2023. Ini merupakan yang terbanyak kedua setelah bintang Angola Freddy yang menciptakan 11 peluang.

Baca Juga  6 manfaat kesehatan dari teh jahe

Pilihan Editor: Korea Selatan tersingkir di semifinal Piala Asia 2023: Son Heung-min meminta maaf dan memuji kerja keras Jordan.



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *