Itu adalah keputusan penuh ICJ terkait kasus Afrika Selatan terhadap Israel.

Uncategorized79 Dilihat

TEMPO.CO, Jakarta – Pengadilan Internasional atau ICJ Dia membacakan putusannya tentang masalah tersebut Afrika Selatan Mereka menolak Israel Jumat, 26 Januari 2024 di Den Haag, Belanda terkait tuduhan genosida di Gaza. Dalam keputusannya, panel yang terdiri dari 15 hakim dan dua hakim ad hoc menerima sebagian permintaan Afrika Selatan namun tidak memerintahkan gencatan senjata di Gaza.

Sebelum membacakan putusan, Presiden ICJ Joanne Donoghue mengatakan bahwa berdasarkan tinjauan hakim, pengadilan memiliki yurisdiksi untuk mengadili kasus tersebut dan Afrika Selatan memiliki posisi hukum mengenai masalah tersebut.

Hakim menolak permintaan Israel untuk menghapus kasus tersebut dari daftar ICJ. Mereka juga sepakat bahwa ada risiko pelanggaran lebih lanjut di Gaza, seperti yang disoroti dalam debat di Afrika Selatan pada 11 Januari.

“Pengadilan menyimpulkan, berdasarkan pertimbangan di atas, bahwa ketentuan hukum untuk memerintahkan tindakan sementara telah dipenuhi,” kata Dongue.

Para hakim menyimpulkan bahwa, seperti yang diminta oleh Afrika Selatan, ICJ harus memerintahkan tindakan sementara atau jangka pendek untuk melindungi hak-hak rakyat Palestina yang terancam. Namun permintaan Afrika Selatan tidak sepenuhnya diterima.

“Pengadilan menyimpulkan bahwa tindakan yang diperintahkan tidak sama dengan tindakan yang diminta di Afrika Selatan,” kata presiden ICJ.

Apa keputusan ICJ?
ICJ meminta ICJ melakukan segala upaya untuk mencegah tindakan genosida sesuai dengan Pasal II Konvensi Empat Poin tentang Genosida 1948. Dalam perselisihannya, Afrika Selatan menuduh Israel melakukan genosida dan melanggar pasal tersebut.

Selain itu, ICJ mengatakan Israel harus segera memastikan bahwa pasukan militernya tidak akan mengambil tindakan apa pun yang diatur dalam Pasal 2.

iklan

Israel kemudian diperintahkan untuk membela dan menghukum mereka yang terang-terangan dan terang-terangan menghasut genosida terhadap rakyat Palestina di Gaza.

Baca Juga  Jadwal dan Pratinjau Semifinal Piala Afrika 2023: Nigeria vs Afrika Selatan, Pantai Gading vs Kongo

ICJ juga mencatat bahwa Israel harus segera mengambil tindakan untuk memberikan layanan dasar dan bantuan kemanusiaan kepada warga Palestina di Gaza.

ICJ juga memerintahkan Israel untuk menyerahkan laporan ke pengadilan mengenai semua langkah yang diambil untuk melaksanakan perintah tersebut dalam waktu satu bulan setelah perintah tersebut dibacakan. Laporan tersebut akan diserahkan ke Afrika Selatan.

Dalam putusannya, hakim tidak memerintahkan gencatan senjata atau diakhirinya operasi militer Israel di Gaza, seperti yang diminta Afrika Selatan. Namun, Israel diperintahkan untuk tidak melakukan genosida.

Selain itu, ICJ memerintahkan hakim untuk melepaskan tanpa syarat seluruh sandera Israel, meski tidak mempunyai yurisdiksi untuk mengadili sandera Israel, Hamas.

Nabeila Azahra A.

Pilihan Editor Tiongkok memperkirakan 9 miliar perjalanan domestik pada Tahun Baru Imlek



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *