Indonesia masih menawarkan vaksin COVID-19 gratis kepada 2 kelompok rentan.

Uncategorized213 Dilihat

TEMPO.CO, JakartaKementerian Kesehatan Indonesia mengumumkan pemberian vaksin Covid-19 gratis kepada dua kelompok rentan mulai 1 Januari 2024.

Kelompok rentan pertama terdiri dari lansia yang belum pernah menerima suntikan pertama vaksin COVID-19, kata Maxi Rein Rodonu, direktur jenderal Kementerian Pengendalian dan Pencegahan Penyakit.

Kelompok rentan kedua adalah lansia yang menerima suntikan COVID-19 pertama, kata Rondonu dalam keterangan yang diterima Antara dari layanan di Jakarta, Minggu (31/12).

Lansia dengan penyakit penyerta, orang dewasa dengan penyakit menular, dan petugas kesehatan garis depan juga termasuk kelompok rentan yang menerima vaksin Covid-19 gratis, komentarnya.

Program vaksinasi Covid-19 gratis diberikan kepada ibu hamil, usia 12 tahun ke atas, dan kelompok usia lain yang mengalami gangguan sistem imun.

Warga dengan daya tahan tubuh sedang atau lemah berhak mendapatkan vaksinasi Covid-19 gratis, sesuai kebijakan Peraturan Menteri Kesehatan Nomor HK.01.07/MENKES/2193/2023 tentang Program Vaksinasi Covid-19.

“Vaksinasi Covid-19 sudah menjadi program rutin di seluruh Indonesia mulai 1 Januari 2024,” komentarnya.

Mereka yang tidak memenuhi kriteria kelompok rentan harus membayar biaya vaksinasi Covid-19, ujarnya.

di antara Indonesia telah melaporkan kembali ditemukannya kasus aktif Covid-19.

Dinas Kesehatan DKI Jakarta mengimbau masyarakat Jakarta untuk tetap waspada dan menerapkan protokol kesehatan seiring dengan terus meningkatnya jumlah kasus aktif Covid-19 di kota metropolitan.

Di tahun Hingga 28 Desember 2023, Dinas Kesehatan DKI Jakarta mencatat 517 kasus aktif Covid-19 dan jumlah kasus virus corona diperkirakan akan meningkat hingga pertengahan Januari 2024.

Dari jumlah tersebut, 300 warga yang terkonfirmasi positif Covid-19 sedang melakukan isolasi mandiri karena gejala penyakitnya ringan, sedangkan 217 lainnya dirawat di rumah sakit.

Epidemi virus corona pertama kali melanda kota Wuhan di Tiongkok pada akhir tahun 2019, dan kemudian melanda berbagai belahan dunia, termasuk kawasan Asia-Pasifik.

Baca Juga  Salah memahami arti cinta bisa berujung pada penyesalan, ini yang perlu dilakukan

Pemerintah Indonesia mengumumkan kasus pertama yang dikonfirmasi di negara ini pada tanggal 2 Maret 2020.

Sejak itu, pemerintah pusat dan negara bagian terus melakukan upaya untuk membendung virus corona dengan menerapkan protokol kesehatan dan pembatasan sosial.

Presiden Joko Widodo resmi mendeklarasikan berakhirnya pandemi Covid-19 di Indonesia setelah lebih dari tiga tahun berjuang melawan virus corona.

Sejak itu, Indonesia telah memasuki fase kronis, dengan jumlah kasus harian COVID-19 mendekati nol pada hari Presiden Widodo mengumumkan berakhirnya epidemi ini.

di antara

Pilihan Editor: 3 Berita Teratas Hari Ini: Negara Militer Terkuat di Dunia Alasan Netizen Indonesia Sebut Negaranya ‘Konoha’

klik disini mencari Update berita terkini dari Tempo di Google News



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *