Gunung Karangtang yang sudah lama meletus mengalami penurunan peringkat

Uncategorized93 Dilihat

TEMPO.CO, Jakarta Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi atau PVMBG telah mengidentifikasi beberapa faktor untuk mengurangi risiko aktivitas gunung berapi. Gunung Karangtang Di Pulau Siau, Kabupaten Kepulauan Sitaro, Sulawesi Utara, dari peringatan atau level 3 hingga peringatan atau level 2.

Berdasarkan data observasi visual, aktivitas vulkanik Gunung Karangetang menunjukkan penurunan, kata Kepala PVMBG Manado Hendra Gunawan, Rabu, 29 November 2023.

Kepala Pos PGA Karangtang Yudia P Tatipang menyampaikan berkurangnya aktivitas Karangtang yang dibagikan kelompok diskusi di Manado mengatakan, lava cair dan letusan yang dikenal dengan Lava Nar sudah tidak ada lagi. Hal itu diperhatikan.

Namun dia mengatakan tingkat bahaya masih meningkat akibat kebocoran gas tersebut.

Berdasarkan data seismik, jenis gempa yang mengindikasikan terjadinya letusan besar (longsoran lava) telah berkurang. Jika mengamati fenomena tersebut, pasokan magma mengalami penurunan.

Data Pengukuran Amplitudo Seismik Nyata (RSAM) mengalami penurunan sejak Senin (27/11). Begitu pula dengan data deformasi (Tiltmeter) yang ditampilkan pada sumbu Y dan sumbu X menunjukkan deflasi sehingga mengurangi aktivitas vulkanik Gunung Karangtang.

Berdasarkan catatan nontermal yang diperoleh citra satelit Terra dan Aqua permukaan vulkanik Karangtang menunjukkan berada pada level rendah mulai September 2023.

Berdasarkan observasi instrumental, gempa periode 1-28 November 2023 mencatat lima kali gempa kuat, 90 kali gempa susulan, dan 68 kali gempa campuran atau multifase.

iklan

Selain itu, terjadi 19 kali gempa vulkanik dalam, empat kali gempa tektonik lokal, dua kali gempa skala II-IV MMI, dan 192 kali gempa tektonik jauh serta satu kali gempa susulan.

Ia berharap warga mengenali awan panas yang turun. Kubah lava tua yang masih berada di bagian atas dapat sewaktu-waktu runtuh seiring dengan letusan lava.

Baca Juga  Banyak pantangan bagi generasi muda dari sistem lama dan sistem baru: musik Ngak Ngik Ngok, celana ketat, rambut gondrong.

Dia mengatakan, ciri-ciri awan panas yang turun dari Gunung Karangtang disebabkan oleh material lava yang jatuh atau tanah longsor.

Gunung Karangtang meletus hebat pada Februari 2023, menaikkan levelnya menjadi waspada setelah serangkaian letusan. Gunung berapi.

Pilihan Editor: Sorotan emisi CO2 sistem pakan ternak pada COP28 di Dubai

Selalu update informasi terbaru. Simak berita terkini dan berita pilihan dari Tempo.co di channel Telegram “Tempo.co Update”. Klik https://t.me/tempodotcoupdate bergabung Pertama, Anda perlu menginstal aplikasi Telegram.



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *