Gempa M3.0 dekat Bogor, gempa susulan terasa di Pamijahan dan Kalpangal.

Uncategorized54 Dilihat

TEMPO.CO, Jakarta – Gempa tektonik di wilayah Kalpangal Kabupaten Sukabumi dan Pamijahan Kabupaten Bogor pada Jumat malam 29 Maret 2024 pukul 21.22 WIB. Episentrum gempa berada 23 kilometer barat daya pusat Kota Bogor.

Berdasarkan laporan Badan Meteorologi Klimatologi Geofisika (BMKG), gempa bumi dirasakan di Kalapangalgal Sukkabumi dengan skala II hingga 3 MMI. Getarannya mulai dirasakan hanya oleh beberapa orang saja dan menyebabkan benda-benda lampu gantung bergoyang, hingga seolah-olah ada mobil yang melewati rumah tersebut.

Sumber gempa berada di kedalaman dangkal 4 km. Koordinat tempatnya adalah 6,73 derajat Lintang Selatan dan 106,63 derajat Bujur Timur. Gempa bumi tersebut disebabkan oleh adanya sesar aktif di kawasan tersebut, kata BBMKG Wilayah II Tangerang Hartanto dalam keterangan tertulisnya, Jumat malam, 29 Maret 2024.

Pasca gempa, menurut BMKG, tidak ada laporan kerusakan bangunan akibat gempa. Berdasarkan hasil pantauan BMKG hingga pukul 21.45 WIB, tidak ada aktivitas pasca guncangan. BMKG mengimbau masyarakat tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh hal-hal yang belum dapat diverifikasi kebenarannya.

iklan

Sementara itu, Kepala Stasiun Geofisika BMKG Bandung Tugh Rahyu mengatakan hal itu Pada periode 22-28 Maret, tercatat 22 kali gempa bumi terjadi di wilayah Jawa Barat dan sekitarnya. Sebanyak 15 gempa berpusat di laut, sedangkan 7 pusat gempa lainnya berpusat di darat. Kedalaman gempa bervariasi antara 5 hingga 111 km.

Besaran gempa bervariasi dari minimum 1,7 hingga maksimum 4,7. Namun dari 22 kali gempa, hanya dua kali gempa yang dirasakan warga. Salah satunya gempa berkekuatan 4,7 SR pada pukul 22.34 WIB tanggal 24 Maret di kedalaman 80 km. Terasa di Pangandaran, Tasikmalaya, Cilacap, dan Banyumas, katanya, Jumat, 29 Maret 2024. Magnitudo gempa sekitar II-III MMI disebabkan oleh subduksi atau subduksi lempeng Indo-Australia ke bawah lempeng Eurasia. piring.

Baca Juga  Sungai Kasi tercemar limbah industri berwarna hitam dan berbau, sehingga pasokan air pompa ke 40.000 konsumen terhenti selama 3 hari.



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *