Empat perusahaan teknologi AS, otoritas IKN, telah bermitra dalam pengembangan ibu kota Nusantara.

Uncategorized131 Dilihat

TEMPO.CO, JakartaOtoritas Ibu Kota Nusantara (OIKN) menggandeng empat perusahaan Teknologi Informasi (IT) Amerika untuk mendukung pengembangan ibu kota baru Indonesia (IKN), Nusantara.

Bambang Susantono, Ketua OIKN, Minggu, 19 November 2023 mengatakan, “Kolaborasi ini menunjukkan ambisi dan keyakinan Nuzantara terhadap dunia sebagai kota yang modern, cerdas, berkelanjutan, tangguh, hijau, dan inklusif.

Menurutnya, OIK telah mendapatkan lima MoU dengan empat perusahaan teknologi dan satu lembaga pendidikan.

Empat perusahaan teknologi Amerika yang menandatangani Nota Kesepahaman dengan OIKEN adalah Cisco, Autodesk, Microsoft dan Environmental Systems Research Institute (ESRI).

Cisco terlibat dalam penerapan perangkat kota pintar seperti pengembangan teknologi sensor dan jaringan Internet of Things (IoT) untuk mengumpulkan, mengirim, dan menggunakan data di lapangan.

Pengembangan sarana dan prasarana teknologi jaringan komunikasi penting untuk berbagai solusi teknologi pintar, seperti pengelolaan air dan energi, pengelolaan transportasi, gedung pintar, dan pengelolaan perkotaan.

Perusahaan lain, Autodesk, mendukung OIKE dalam merancang kota yang layak huni dan menarik.

Teknologi Autodesk membantu meningkatkan kinerja perencanaan kota melalui visualisasi, optimalisasi dan simulasi perencanaan bangunan, ruang publik dan infrastruktur, meningkatkan efisiensi dan keberlanjutan manajemen proyek pembangunan.

Sementara itu, ESRI terlibat dalam pengembangan teknologi analisis berbasis lokasi. Teknologi ini digunakan untuk pemetaan, pelacakan, penginderaan jauh, dan pengelolaan data spasial.

Teknologi geospasial dapat mendukung OIKN dalam penataan ruang dan pertanahan ibu kota baru. Hal ini membantu otoritas untuk melaksanakan perencanaan, pembangunan dan pengelolaan kota.

Penggunaan informasi dan data geospasial dapat diterapkan dalam pengelolaan sumber daya alam seperti air, hutan, satwa liar dan keanekaragaman hayati serta mengatasi risiko bencana.

Microsoft kemudian akan berpartisipasi dalam proses transformasi digital di Nuzantara.

Baca Juga  Cara mudah mengakses dashboard prakerja 2024

Ia mencontohkan, dengan mempercepat transformasi digital, produktivitas dan daya saing dapat ditingkatkan melalui penyediaan layanan yang cepat, sederhana, dan efisien.

Microsoft berpartisipasi dalam proses transformasi digital Nuzantara dengan mengembangkan solusi kota pintar untuk berbagai masalah manajemen perkotaan dan mengembangkan pusat data yang aman dan tangguh serta infrastruktur digital komputasi awan.

Microsoft akan mempromosikan inisiatif pendidikan literasi digital dan keterampilan komputer kepada masyarakat, katanya.

OIKN juga bermitra dengan Stanford Doerr School of Sustainability Universitas Stanford untuk pusat penelitian dan inovasi di Nusantara, yang akan dijajaki dalam pembangunan kampus Stanford di ibu kota baru di masa depan.

di antara

Pilihan Editor: Jokowi memastikan belum ada investor asing di proyek IKN

klik disini Dapatkan berita terkini dari Tempo di Google News



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *