DKI melakukan pengawasan terhadap Bawaslu terkait dugaan pelanggaran yang dilakukan Gibra dalam penataan CFD Bawaslu.

Uncategorized164 Dilihat

TEMPO.CO, Jakarta – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI menyatakan telah melakukan pengawasan terhadap Bawaslu DKI Jakarta terkait dugaan pelanggaran yang dilakukan Calon Wakil Presiden Nomor Urut 2. Gibran Rakabuming Hari Bebas Kendaraan Bermotor Raka (HBKB) atau Car Free Day (CFD).

Kita kontrol dan teman-teman DKI tindak lanjuti tudingan (pelanggaran), tetap saja tudingan. Pertama mari kita lihat teman-teman dari DKI. saya minta maaf RI Rahmat Bagja di Jakarta, Kamis.

Menurut Bajaja, akan dilakukan tindakan lanjutan terhadap dugaan pelanggaran tersebut, mengingat perbuatan tersebut dilakukan oleh Diki Bawaslu di wilayah hukumnya.

Namun Bagja mempersilakan calon presiden dan wakil presiden ikut serta CFD dengan kondisi tertentu.

“Iya kegiatan politik, kalau pendidikan politik bagus, silakan, tapi nanti calon presiden dan wakil presiden bisa praktek di CFD? Ya silakan,” ujarnya.

Bajaj telah menyarankan calon presiden dan wakil presiden mulai tahun 2019 untuk tidak berkampanye di CFD.

iklan

“Kemarin kegiatan capres dan cawapres disarankan untuk tidak menggunakan CFD sebagai platform kampanye, itu jelas. Kapan itu dimulai? Itu kesepakatan kita tahun 2019 dan sesuai peraturan atau arahan gubernur, arahan kepala negara, walikota atau gubernur,” kata Baja.

Sebelumnya, Minggu, 3 Desember lalu, calon wakil presiden Gibran membagikan susu kepada warga di Bundaran HI saat CFD. Gibran mengajak Bawaslu Diki Jakarta mengusut aktivitas pembagian susu kepada warga yang berolahraga jika melanggar aturan.

Silakan dicek kalau ada yang kurang pas. Nanti bisa bertemu dengan tim kami, kata Gibran saat ditemui usai bulu tangkis di GBK Arena, Jakarta, Senin, 4 Desember 2023.

Putra sulung Presiden RI Joko Widodo ini mengungkapkan, pembagian susu tersebut tidak menggunakan usulan kampanye (APK). Gibran berkata, “Kemarin jelas kita semua tidak punya fitur, tidak ada APK, itu saja.”

Baca Juga  TKN menjelaskan alasannya terlibat dalam pembentukan kabinet Jokowi dan menyusun kebijakan Prabowo-Gibran



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *