Diimbau Jokowi Jangan Menyerang Pribadi Saat Debat, Pengamat: Dia Dicabuli Anaknya Sendiri

Uncategorized222 Dilihat

TEMPO.CO, Jakarta – Pangi Syarwi Chaniago, Direktur Eksekutif Voxpol Center for Research and Consulting, meninjau imbauan Presiden Joko Widodo atau Jokowi Ia dilanggar oleh putra sulungnya untuk tidak menyerang secara pribadi dalam debat capres-cawapres. Gibran Rakabuming Raqqa, menurutnya, menggunakan kata-kata yang menghina Gibra Debat cawapres Di JCC Senayan, Jakarta Pusat, Minggu 21 Januari 2024.

Pangi Jokowi mengatakan, kurangnya substansi dalam debat calon presiden pada 7 Januari 2024 menjadi sorotan dan mengecam serangan yang bersifat pribadi. Menurut Jokowi, debat sebaiknya diselenggarakan untuk mengedukasi masyarakat. Namun, ia menilai kritik tersebut tidak dipedulikan Gibran. Senin 22 Januari 2024 “Ini paradoks yang lucu,” ujarnya.

Menurut Pangi, Gibra melanggar imbauan Jokowi dengan melontarkan kata-kata yang menghina. Gibran antara lain menyebut nama kelompok di balik catatan Muhaymin Iskandar dan tidak menjelaskan kata tersebut karena menganggap Mahfud Medan adalah seorang profesor. “Etika yang hilang dalam arena debat perlu kita kembalikan, harus lebih bermartabat,” ujarnya.

Misalnya, Gibran melanggar beberapa aturan dalam debat Wakil Presiden; Misalnya keluar dari forum dan menggunakan kata-kata asing tanpa penjelasan, mengabaikan instruksi dan arahan moderator. “Ini menimbulkan pertanyaan apakah ada perlakuan khusus terhadap anak presiden,” ujarnya.

Kelompok Kampanye Nasional Prabowo-Gibran atau Sekretaris TKN Nusron Wahid menilai sindiran Gibran terhadap Rakabuming Raqqa kepada Muhaymin Iskandar merupakan lelucon khas Jawa. “Menyenangkan membaca catatan Gus Muhaimin,” candanya.

“Kalau orang bercanda itu wajar,” ujarnya usai debat cawapres di JCC Senayan, Jakarta Pusat, Minggu, 21 Januari 2024.

iklan

Sebelumnya, debat capres ketiga Jokowi diwarnai dengan serangan personal antar kandidat. Sedangkan visi, misi, dan item kebijakannya belum terlihat. Kata Jokowi di Serang, Banten, Senin, 8 Januari 2024: “Saya melihat isi visinya pun tidak kasat mata.

Baca Juga  Gunung Merapi Lontarkan 3 Guguran Lava Pijar Sejauh 1,5 Kilometer dan Alami 27 Gempa Guguran

Ketiga Kawpress 2024, Muhaimin Iskandar, Gibran Rakabuming Raka dan Mahfud Md bertemu dalam debat Kawpress di Jakarta Convention Center atau JCC, Senayan, Jakarta Pusat, Minggu malam, 21 Januari 2024. Untuk pembangunan berkelanjutan, sumber daya alam, lingkungan hidup, energi, pangan, pertanian, masyarakat adat dan desa.

Han Revanda Putra

Pilihan Redaksi: Grace Nathalie Sesali Narasi Gibran Usai Debat Cawapres



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *