Dewan Keamanan PBB Setujui Gencatan Senjata Gaza Kementerian Luar Negeri: Ini Tindakan yang Sudah Lama Tertunda

Uncategorized5 Dilihat

TEMPO.CO, JakartaKementerian Luar Negeri Indonesia Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa menganggap penerapan resolusi yang mendukung rencana gencatan senjata antara Israel dan Hamas di Jalur Gaza sebagai langkah yang sudah lama tertunda. Namun hal ini tetap diperlukan untuk menghentikan agresi Israel terhadap Palestina.

Hal itu terungkap dalam pernyataan di media sosial. Rusia memutuskan untuk abstain dari pemilu.

Mengenai usulan gencatan senjata tiga tahap, ia mengatakan pengesahan resolusi DKPBB 2735 (2024) sudah lama tertunda namun merupakan langkah penting untuk mengakhiri kekerasan terhadap rakyat Palestina dan mewujudkan perjanjian gencatan senjata yang segera dan langgeng di Gaza. Urusan luar negeri.

Lewat sini, Dewan Keamanan PBB Ia mendukung rencana gencatan senjata tiga fase yang diumumkan Presiden AS Joe Biden pada 31 Mei 2024, yang merupakan inisiatif pemerintahan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu. Hamas menyambut baik resolusi tersebut dan mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa mereka siap bekerja sama dengan mediator untuk menerapkan prinsip-prinsip rencana tersebut “sejalan dengan tuntutan masyarakat dan oposisi kami.”

Tahap pertama dari rencana tersebut mencakup gencatan senjata segera dan komprehensif dengan pembebasan sandera, pemulangan jenazah, pertukaran sandera dengan tahanan Palestina di penjara-penjara Israel, penarikan pasukan Israel dari daerah-daerah berpenduduk di Gaza, dan penarikan pasukan Israel dari daerah-daerah berpenduduk di Gaza. kembalinya warga sipil Palestina ke rumah mereka, dan bantuan kemanusiaan yang aman dan efektif di seluruh Gaza.

Baca Juga  99 persen bergantung pada impor, penelitian BRIN menyelidiki jamur penghasil enzim.

iklan

Fase kedua melibatkan pembebasan seluruh sandera di Gaza dan penghentian permusuhan secara permanen untuk memungkinkan penarikan penuh pasukan Israel dari Gaza. Fase ketiga adalah dimulainya upaya rekonstruksi multi-tahun di Gaza dan pemulangan jenazah sandera yang masih berada di Gaza ke keluarga mereka.

Resolusi tersebut juga menyatakan bahwa “jika perundingan memakan waktu lebih dari enam minggu untuk tahap pertama, gencatan senjata akan tetap berlaku sampai perundingan dilanjutkan.”

Indonesia mendesak semua pihak untuk “mencapai kesepakatan sesegera mungkin untuk membuka jalan bagi gencatan senjata yang langgeng, bantuan segera kepada rakyat Palestina, dan penerapan solusi dua negara.” Departemen Luar Negeri.

Reuters

Pilihan Editor: Dewan Keamanan PBB mengeluarkan resolusi yang mendukung gencatan senjata Israel-Hamas

Ikuti berita terkini Tempo.co di Google News, klik disini



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *