Debat Wakil Presiden, Kek Emin mengkritisi lahan 500 ribu hektare, food estate, dan tanggul laut raksasa milik Prabowo.

Uncategorized255 Dilihat

TEMPO.CO, Jakarta – Calon wakil presiden (Kawapress) nomor satu Muhaimin Iskandar atau Paman Emin Ia menguraikan visi dan misinya untuk mendorong Program Pangan Nasional, reformasi pertanian, dan target energi baru terbarukan (EBT). Pernyataan itu dibuat pada Debat Wakil Presiden Yang kedua akan dilaksanakan pada Minggu 21 Januari 2024 di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta Pusat.

Berdasarkan hasil sensus pertanian BPS, jumlah petani kecil meningkat hingga hampir 3 juta dalam sepuluh tahun terakhir, artinya 16 juta rumah tangga petani hanya memiliki lahan setengah hektar, kata Cak Imin.

Dalam sesi debat, Cak Imin menyinggung pernyataan calon presiden nomor urut 2, Prabowo Subianto, tempo hari soal kepemilikan tanah. Sedangkan ada yang memiliki lahan seluas 500 ribu hektare yang menjadi kewenangan daerah, kata Kak Emin.

Politisi yang menjabat Ketua Umum Partai PKB itu pun menyayangkan proyek tersebut. Properti makanan (Swasembada Pangan) selama ini dilakukan pemerintah untuk mengatasi pengadaan pangan nasional.

Menurut dia, Properti makanan Hal ini harus dihentikan karena terbukti mengabaikan petani, menelantarkan masyarakat adat, menimbulkan konflik pertanian, dan merusak lingkungan.

Selain itu, Kak Emin juga mengkritik Proyek Tanggul Raksasa (Tanggul Jakarta) yang menurutnya tidak bisa menyelesaikan masalah. “Jangan hanya mengandalkan proyek Giant Sea Tower yang tidak menyelesaikan masalah. Kita harus menyadari bahwa krisis iklim harus dimulai dari moralitas, etika. “Etika lingkungan.”

Kak Emin merinci, pembangunan nasional dan kebijakan nasional harus berlandaskan keadilan. Yakni, keadilan iklim, keadilan ekologi, keadilan antargenerasi, keadilan pertanian, dan keadilan sosial.

iklan

Ia juga menekankan bahwa desa harus menjadi kunci pembangunan. Petani, nelayan, peternak, masyarakat adat harus menjadi bagian integral dari Program Pengadaan Pangan Nasional.

Baca Juga  Kenali Arsene Wenger, Kepala Pengembangan Sepak Bola Internasional FIFA

“Reforma agraria harus menjamin pembagian tanah kepada petani kita. Energi baru dan terbarukan (EBT) harus ditingkatkan, bukan malah diturunkan targetnya. kata Kak Emin.

Debat capres ini merupakan debat cawapres putaran kedua dan debat keempat dari lima debat yang direncanakan Komisi Pemilihan Umum (KPU) jelang pemilihan presiden (Pilpres) 2024 pada 14 Februari mendatang.

Tema perdebatan kali ini meliputi isu pembangunan berkelanjutan, sumber daya alam, lingkungan hidup, energi, pangan, pertanian, masyarakat adat dan desa. Peserta debat malam ini adalah tiga calon wakil presiden Muhaimin Iskandar, Gibran Rakabuming Raqa, dan Mahfud M. Debat malam ini akan menampilkan tiga calon wakil presiden Muhaimin Iskandar, Gibran Rakabuming Raqa, dan Mahfud MD.

Sebelumnya, pada debat ketiga Pilpres 2024 yang digelar 7 Januari lalu, Komisi Pemilihan Umum (KPU) memperkenalkan beberapa aturan baru. Aturan tersebut salah satunya adalah calon presiden atau calon wakil presiden hanya boleh menggunakan satu mikrofon internal yang terpasang di platform masing-masing. Selain itu, setiap kandidat akan diminta untuk menjelaskan akronim atau istilah yang tidak biasa selama presentasi dan sesi tanya jawab.

Pilihan Editor: Gibran kembali menyebut streaming digital dalam debat cawapres



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *