Dapatkan keuntungan dari praktik dekarbonisasi

Uncategorized243 Dilihat

TEMPO.CO, Jakarta – Dekarbonisasi kini telah menjadi salah satu frase kunci yang memandu perusahaan modern. Semakin banyak perusahaan yang menyadari pentingnya praktik bisnis ramah lingkungan, termasuk menerapkan aspek operasi yang mengurangi emisi karbon dioksida dan gas rumah kaca lainnya.

Dekarbonisasi, atau kegiatan untuk mengurangi emisi karbon, kini tersebar luas di banyak sektor. Pelaku industri manufaktur, misalnya, mulai beralih ke sumber energi ramah lingkungan, meski dalam praktiknya diperlukan upaya lebih dan biaya lebih tinggi. Begitu pula dengan para pelaku industri migas yang berlomba-lomba menerapkan teknologi penangkapan karbon di bidang operasinya.

Praktik pengelolaan sampah lainnya adalah menerapkan proses karbonisasi, yang tanpa sepengetahuan banyak orang, menghasilkan emisi karbon dan gas rumah kaca dalam jumlah tinggi. Di sektor pertanian, bisnis rendah karbon sudah mulai berkembang, meski tidak sepopuler sektor lainnya.

Tidak dapat dipungkiri bahwa kegiatan bisnis rendah karbon tidak hanya bertujuan untuk menjaga lingkungan. Dari sudut pandang pelaku usaha, terdapat keuntungan ekonomi yang didapat dari praktik karbonisasi. Yang paling sederhana adalah penilaian positif terhadap korporasi yang menerapkan praktik dekarbonisasi di mata konsumen dan lembaga keuangan. Apalagi saat ini, perbankan dan lembaga keuangan semakin meningkatkan dukungan finansial terhadap bisnis ramah lingkungan dan mulai menjauhkan diri dari korporasi yang menjalankan aktivitas bisnis tanpa perlindungan lingkungan.

Manfaat lainnya adalah nilai ekonomi yang dihasilkan dari kegiatan dekarbonisasi. Setelah pemerintah membuka pertukaran karbon pada tahun 2023, perusahaan yang menerapkan praktik bisnis rendah emisi akan berpeluang memperoleh sertifikat penggantian kerugian karbon. Sertifikat ini dapat dijual di bursa dan dibeli oleh entitas lain yang membutuhkan kredit karbon. Meskipun masih dalam tahap awal, praktik ini mulai dilihat sebagai peluang untuk meraih keuntungan.

Baca Juga  Polres Jaktim Tangkap 4 Provokator Tawuran Remaja di TPU Prumpung.

Pembaca yang budiman minggu ini Tempo Bahasa Inggris Majalah ini memberikan liputan eksklusif mengenai inisiatif dan aktivitas perusahaan terkait dekarbonisasi. Kami telah menunjukkan beberapa sektor yang menunjukkan tren ini. Seberapa besar nilai ekonomi dan peluang lain yang telah diciptakan?

Bacaan yang bagus.

Fery Firmansyah

Manajer Ekonomi dan Bisnis

Prospek ekonomi dari dekarbonisasi

iklan

Dekarbonisasi mengalami kemajuan di berbagai sektor industri. Dunia usaha mengharapkan insentif dan manfaat ekonomi.

Pertukaran karbon yang tenang

Perdagangan karbon dipersulit oleh peraturan. Pelaku usaha memprotes wajib masuk Daftar Nasional.

Perdagangan karbon di sektor ketenagalistrikan

PLN dan perusahaan listrik memburu pendapatan dari unit karbon. Perlombaan untuk mengembangkan sumber energi rendah emisi sedang berlangsung.

Bantuan sosial dalam kampanye pemilu

Jokowi disebut-sebut menekan Menteri Keuangan Sri Mulia terkait persoalan bansos yang bisa digunakan untuk kampanye capres Prabowo-Gibran.



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *