Dalam daftar 7 Keajaiban Dunia terbaru, Candi Borobudur tidak termasuk.

Uncategorized150 Dilihat

TEMPO.CO, Jakarta – Kampanye 7 Keajaiban Dunia Di tahun Ini dimulai pada tahun 2001 oleh pembuat film, penulis dan petualang Kanada kelahiran Swiss, Bernard Weber. Ia mendirikan New7Wonders Foundation untuk mempromosikan konservasi warisan alam dan buatan manusia serta untuk mempromosikan penghormatan terhadap keanekaragaman hayati bumi.

New7Wonders mengklaim tidak mengambil uang dari subsidi publik, pemerintah, atau pembayar pajak. Semua kegiatan berlisensi penuh dan didukung oleh kemitraan bisnis dengan perusahaan. Faktanya, dampak positif dari kampanye ini telah menghasilkan nilai ekonomi, pariwisata, dan promosi senilai lebih dari $5 miliar.

Dari 21 finalis, penentuan 7 Keajaiban Dunia baru dilakukan pada tahun 2005-2007. 21 finalis mengalahkan 77 kontestan dari seluruh dunia. Seleksi tersebut melibatkan para ahli di bidang arsitektur dan mantan Direktur Jenderal UNESCO Federico Zaragoza.

7 keajaiban dunia terkini

Berikut daftar 7 Keajaiban Dunia yang dipublikasikan pada tahun 2007 di world.new7wonders.com dengan penjelasan singkat dari situs Britannica.

1.Chichen Itza

Chichen Itza adalah reruntuhan kota Maya kuno seluas 4 mil persegi (sekitar 10 kilometer persegi). Terletak di negara bagian Yucatan di Meksiko tengah-selatan. Diperkirakan pernah menjadi pusat militer, politik dan agama bagi 35.000 orang. Untuk pertama kalinya pada tahun 550 Masehi. Itu karena mudahnya mendapatkan air.

Dari mata air di gua kapur tersebut dikenal dengan nama cenote. Nama Chichin Iza sendiri berasal dari kata chi (mulut) dan chen (sumur) yang mengacu pada cenote besar di situs tersebut, sedangkan Iza adalah nama pemukiman masyarakat Maya. Sejak tahun 1988, UNESCO telah menetapkannya sebagai Situs Warisan Dunia.

2. Colosseum Romawi

Colosseum Juga dikenal sebagai Amfiteater Flavia, dibangun oleh Kaisar Flavia. Pembangunan amfiteater masif ini dimulai sekitar tahun 70-72 M pada masa pemerintahan Vespasianus. Situs ini terletak di sebelah timur Bukit Palatine, yang dulunya merupakan danau buatan, namun kemudian dikeringkan.

Baca Juga  Profil pembalap muda Oliver Berman yang tampil impresif pada debut Formula 1 di GP Arab Saudi

3.Taj Mahal

Taj Mahal Terletak di India, masuk dalam daftar 7 keajaiban dunia. Mausoleum di Agra, di negara bagian barat Uttar Pradesh, dibangun oleh Kaisar Mughal Shah Jahan untuk mengenang mendiang istrinya, Mumtaz Mahal. Istrinya telah menikah dengan kaisar sejak tahun 1612 dan meninggal saat melahirkan pada tahun 1631.

iklan

4. Tembok Besar Tiongkok

Tembok Besar Tiongkok membentang sepanjang 8.850 kilometer dari Gunung Hu dekat Dandong di Provinsi Liaoning hingga Celah Jiayu di Provinsi Gansu. Pada abad ke-3 SM, Shi Huangdi (Qin Shi Huang), kaisar pertama Tiongkok bersatu (di bawah Dinasti Qin), menyatukan beberapa tembok pertahanan menjadi satu.

5. Petra

Petra, kota pusat kuno kerajaan Arab pada era Helenistik dan Romawi, terletak di barat daya Yordania. Situs tersebut diyakini oleh bangsa Israel sebagai tempat Musa memukul batu dan mencurahkan air. Karena lembah ini dikelilingi batu pasir berbentuk merak, menteri Inggris abad ke-19 John William Burgo menamakannya Kota Mawar Merah.

6. Patung Kristus Penebus.

Salah satu dari 7 keajaiban dunia berikutnya ada di Brazil, dan itu adalah patung Kristus Penebus. Patung Yesus Kristus di Rio de Janeiro selesai dibangun pada tahun 1981. Tingginya 30 meter dan lengannya terentang 28 meter secara horizontal.

7. Machu Picchu

7 yang terakhir adalah keajaiban dunia. Machu Picchu Terletak 80 kilometer barat laut Cuzo, Peru. Reruntuhan kuno Inca ini terletak di ketinggian 2.350 meter di antara tebing dan tebing. Ikon kebanggaan kota Inca ini disetujui sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO pada tahun 1983.

MELINDA DWI PUSPITA

Pilihan Editor: Beijing menunjukkan kekuatannya di Laut Cina Selatan setelah hampir menabrak kapal Filipina.

Baca Juga  Melakukan pujian Rektor PTN PTS kepada Jokowi di tengah hujan kampus



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *