Daftar Proyek IKN Kelas 9 yang Diluluskan Jokowi: Gedung BPJS hingga Studio TVRI

Uncategorized136 Dilihat

TEMPO.CO, JakartaPresiden Joko Widodo atau Jokowi dipastikan akan melakukan peresmian dan peletakan batu pertama (Infrastruktur) beberapa proyek pembangunan tingkat lima di Ibu Kota Negara atau IKN Nusantara. Erosi tanah Rencananya akan digelar pada 29 Februari hingga 1 Maret 2024 di Penajam, Pasar Uttara, Kalimantan Timur.

Danis H. Sumadillaga, Ketua Satgas yang dibentuk untuk melaksanakan pembangunan IK Nusantara di Kaltim, mengatakan dalam diskusi Outlook UU dan Regulasi HPRP 2024 di Dentons, ada fase baru yang kelima pada pekan ini, Kamis dan Jumat. Hotel Shangri-La, Jakarta, Senin 26 Februari 2024

Menurut Danis, pengembangan IKN terbagi dalam lima tahap. Namun pembangunannya masih dalam tahap awal. Pada tahun 2022, Peraturan Presiden Nomor 63 tentang Daftar Rencana Induk Kepulauan IKN akan dilaksanakan mulai tahun 2022-2045.

“Saat ini kita berada pada fase 1 hingga akhir tahun 2024, artinya kita berada pada relokasi tahap pertama,” kata Danis.

Lantas, apa saja daftar proyek Groundbreaking IKN tahap kelima? Lihat ringkasan data selengkapnya di bawah ini.

Daftar proyek pembukaan lahan IKN terbaru

Dennis H. Proyek yang akan dibangun Sumadilaga tahap kelima oleh IKN adalah proyek di bidang perbankan dan keuangan. Proyek-proyek tersebut adalah Bank Mandiri, Bank Rakyat Indonesia (BRI), dan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS).

Namun, Danis mengatakan, detail proyek tersebut harus dikaji ulang. “Saya harus periksa lagi detailnya,” kata Danis, Senin.

Pada kesempatan terpisah, Agung Wikaksono, Wakil Direktur Keuangan dan Investasi Otoritas IKN (OIKN), dalam kesempatan tersebut membeberkan beberapa proyek yang akan mendapat prioritas di IKN. Diantaranya adalah tiga bank milik Badan Usaha Milik Negara (BUMN) seperti Bank Mandiri, Bank Rakyat Indonesia (BRI), dan Bank Negara Indonesia (BNI).

Baca Juga  Diduga Tertular Cacar Monyet di Jayapura, Ahli Epidemiologi: Kemungkinan Lesi di Alat Kelamin.

Selain itu, ada bank daerah yang ikut serta dalam pembukaan lahan IKN putaran kelima yakni Bank Kaltimtara. Nantinya, bank-bank tersebut akan dibangun di kawasan inti pemerintah pusat atau di kawasan perbankan sekitar KPP.

Agung juga menyampaikan bahwa layanan telekomunikasi akan dikembangkan oleh PT Telkom Indonesia sebagaimana mestinya. Selanjutnya mereka membangun Lembaga Penyiaran Publik TVRI dan berbagai fasilitas pelayanan masyarakat di BPJS Kesehatan.

iklan

“Sebagai smart city, IKN akan memiliki command center,” ujarnya dalam media briefing secara virtual, Selasa, 27 Februari 2024.

Menurut penjelasan Ageng, pusat komando tersebut akan dibangun di Kawasan Perumahan Pegawai (HPK). Fasilitas ini nantinya akan digunakan untuk memantau IKN. Namun untuk saat ini, pemantauan adalah pemantauan pembangunan.

“Jadi Aiken akan menjadi smart city. Infrastrukturnya ada di sana. Pengendalian dilakukan secara terpusat melalui command center, kata Agung.

Namun Agung enggan membeberkan jumlah investasi tahap kelima ini yang belum disebutkan namanya. Dia mengatakan, harga investasi baru akan diumumkan setelah upacara peletakan batu pertama selesai.

Dia mengatakan meskipun sedang dihitung sekarang, kita mendekati 50 triliun birr.

Di tahun Berdasarkan data 30 Januari 2024, total investasi yang didaftarkan otoritas IKN sekitar Rp 47,5 triliun. Menurut Kepala Otoritas IKN Bambang Susantono, realisasi investasi lebih dari Rp 39,5 triliun dari investor swasta dan hampir Rp 8 triliun dari BUMN.

Berikut daftar proyek groundbreaking IKN tahap kelima.

  1. Kantor Otoritas Jasa Keuangan (OJK).
  2. Bank Mandiri
  3. Bank Rakyat Indonesia
  4. Bank Negara Indonesia
  5. Bank Kaltimtara
  6. Kantor Pintar Telkom Indonesia
  7. Mini Studio TVRI Nusantara
  8. Kantor Pelayanan BPJS Kesehatan
  9. pusat komando IKN

Putri Raden

Pilihan Editor: Dipanggil Ikut Mengorganisir Kabinet Prabowo, Jokowi: Kenapa Tanya Saya?

Baca Juga  Google menyiapkan tombol ID Penelepon Tidak Dikenal di Android.



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *