Cara yang direkomendasikan untuk kesehatan pencernaan

Uncategorized377 Dilihat

TEMPO.CO, Jakarta – Kesehatan Pencernaan Sering diremehkan. Namun stres kronis, pola makan tidak teratur, dan makan berlebihan dapat menyebabkan gejala gastrointestinal yang tidak menyenangkan dan mengganggu nutrisi.

Menurut halaman tersebut Baik dan bagusAhli gizi dan ahli diet yang berbasis di New York Rachel Dyckman menganjurkan dukungan gaya hidup aktif untuk pencernaan dan Kebiasaan makan Mengonsumsi makanan tertentu dapat membantu menghilangkan stres dan membantu tubuh Anda merasa dan berfungsi lebih baik.

Cara pertama adalah menghindari stres saat makan. Makan terburu-buru atau terganggu memang terkadang diperlukan, namun melakukannya setiap hari dapat membahayakan pencernaan, apalagi jika dilakukan secara konsisten dalam jangka waktu lama. Studi di jurnal Perawatan terpadu Di tahun Pada tahun 2019, mereka menemukan bahwa makan saat sedang stres mengaktifkan sistem saraf simpatik, yang dikenal sebagai kondisi melawan-atau-lari. Hal ini menyebabkan darah dialihkan ke lengan dan kaki serta menjauhi organ pencernaan, sehingga akhirnya mengganggu pencernaan.

Tingginya kadar hormon stres dapat menyebabkan sakit perut dan peradangan pada tubuh. Meski lebih mudah diucapkan daripada dilakukan, untuk mendorong tubuh Anda masuk ke mode istirahat parasimpatis dan pencernaan, cobalah makan di lingkungan yang tenang dan jauh dari gangguan, termasuk gadget dan televisi.

Cara lainnya adalah dengan mencoba memperhatikan aroma, rasa dan tekstur makanan saat makan. Menurut sebuah penelitian yang dipublikasikan di majalah tersebut Kemajuan dalam bidang nutrisi Di tahun Pada tahun 2020, aspek sensorik makanan seperti rasa, aroma, dan tekstur membantu proses pencernaan pertama yang disebut tahap cephalic. Ketika kita memberikan perhatian khusus untuk menggunakan semua indera saat makan, pelepasan enzim pencernaan, empedu dan cairan lambung dirangsang. Makanan Baiklah.

Baca Juga  Pelatih Jepang mengungkap kelemahan timnya usai mengalahkan Polandia 1-0 di Piala Dunia U-17 2023.

iklan

Perhatikan gejala fisiknya
Selain itu, berlatihlah menyesuaikan sinyal lapar dan kenyang tubuh Anda. Mengabaikan sinyal tubuh tentang kapan dan berapa banyak makan dapat menyebabkan kebiasaan makan yang tidak sehat. Ketika kita mendengarkan tubuh kita dan makan secara teratur sepanjang hari, saluran pencernaan akan bekerja lebih baik.

Tidak makan dalam jangka waktu lama dapat menyebabkan kadar gula darah turun sehingga menyebabkan kita makan berlebihan pada waktu makan berikutnya. Memantau isyarat lapar dan kenyang sepanjang hari dan selama makan dapat membantu Anda mengetahui kapan harus mulai dan makan, menghindari efek negatif dari kurang makan serta merasa kenyang dan tidak nyaman.

Selain itu, pola makan yang tidak teratur dan kepatuhan yang ketat terhadap pola makan dapat berdampak buruk pada pencernaan dan kesehatan usus. Menurut sebuah penelitian yang dipublikasikan di majalah tersebut Masalah Gizi dalam Gastroenterologi Di tahun Pada tahun 2022, pola makan yang dibatasi dapat menyebabkan disbiosis usus, yang pada dasarnya menyebabkan hilangnya beberapa bakteri baik di usus dan secara umum mengurangi keragaman mikroba sehat yang hidup di usus. Membatasi makan terlalu banyak dapat mengurangi pergerakan usus, sehingga makanan membutuhkan waktu lebih lama untuk melewati saluran pencernaan.

Pilihan Editor: Hati-hati perut kembung saat liburan, dengarkan saran para ahli untuk menghindarinya



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *