BMKG memperkirakan curah hujan di Jabar masih rendah hingga akhir tahun

Uncategorized51 Dilihat

TEMPO.CO, Jakarta – Stasiun Iklim Badan Meteorologi, Iklim dan Geofisika (BMKG) Jawa barat Meramalkan Hujan Masih tergolong rendah dalam sepuluh hari atau sepuluh hari terakhir bulan Desember 2023. Curah hujan kurang dari 50 mm per hari mencakup 43,1 persen wilayah Jawa Barat. Pola curah hujan secara keseluruhan berada di bawah normal.

Pada bulan ketiga Desember 2023, diperkirakan tidak akan ada wilayah dengan curah hujan tinggi atau sangat tinggi. Di Jawa Barat, cakupannya mencapai 56,9% wilayah dengan curah hujan sedang 50-150 mm per hari. Wilayahnya meliputi Bogor, Depok, selatan Bekasi dan Karawang, sebagian Sukabumi dan Sianjur, Purwakarta, sebagian Subang, Sumedang, selatan Indramayu, Sirebon dan Kungan serta Majalengka. Kemudian sebagian Ciamis, Kabupaten Tasikmalaya dan Garut.

Sedangkan curah hujan lebih sedikit yaitu di Kota Bandung dan sekitarnya, di pesisir utara Bekasi, Karawang, Subang, Indramayu, Sirebon, Kuningan, Ciamis, Banjar. Bahkan wilayah pesisir selatan seperti Pangandaran, Tasikmalaya, Garut, Sianjur dan Sukkabumi.

Berdasarkan pola curah hujan BMKG, seluruh wilayah Jawa Barat atau 98,2 persen diperkirakan berada di bawah normal pada bulan ketiga Desember 2023.

Berdasarkan update 20 Desember, hari tanpa hujan di wilayah Jawa Barat secara umum tergolong pendek hingga sedang. Batas waktunya antara 5-20 hari tanpa hujan. Total curah hujan di Provinsi Jawa Barat tergolong rendah.

iklan

Kepala Stasiun Cuaca BMKG Jawa Barat Rakhmat Prasetya mengatakan, hujan tersebut disebabkan oleh pusaran atau tekanan rendah di Kalimantan Barat. Situasi ini akan mencegah terjadinya angin barat atau monsun Asia yang membawa hujan pada November dan awal Desember, ujarnya, Jumat, 22 Desember 2023.

Berdasarkan model prakiraan cuaca yang diterapkan BMKG, situasi tersebut diperkirakan masih akan terjadi hingga dua hingga tiga hari ke depan.

Baca Juga  Karakter Natasha Wilona di Happy Birth-Die merupakan kebalikan dari karakternya.

Selalu Pembaruan Informasi terakhir. Mendengarkan Berita terkini Dan berita pilihan dari Tempo.co Di saluran Telegram “Pembaruan Tempo.co”. Klik https://t.me/tempodotcoupdate bergabung kamu harus-Install Pertama, aplikasi Telegram.



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *