Bikin kenyang lama-lama, berikut 10 makanan sehat yang cocok untuk sahur

Uncategorized82 Dilihat

TEMPO.CO, Jakarta – Ahli Gizi Abelisha Kelima dari Claudine Group of Hospitals menyarankan 10 camilan sehat. sahur Dan itu membuat seseorang kenyang dengan puasa Ramadhan.

Untuk memastikan bahwa tubuh cukup ProteinPerencanaan sahur yang baik oleh ahli gizi menjadi kunci menjaga kesehatan fisik dan mental selama bulan suci agar karbohidrat, vitamin, mineral, serat, dan air bekerja efisien.

Ini 10 Camilan sehat Dan seperti dimuat di Halaman Hindustan Times, Senin 18 Maret 2024 Manisnya waktu Sahur.

1. Oatmeal dengan buah dan kacang-kacangan

Didihkan secangkir susu atau air dalam panci. Tambahkan setengah cangkir oat gulung dan kecilkan api menjadi rendah. Masak sambil diaduk sesekali hingga oat lembut dan adonan tercampur, sekitar lima menit. Pindahkan oatmeal ke dalam mangkuk dan taburi dengan buah-buahan dan kacang-kacangan pilihan.

2. Parfait yogurt Yunani

Yoghurt Yunani, granola, buah beri segar, dan sedikit madu atau sirup maple dalam gelas atau mangkuk. Ulangi lapisan sesuai keinginan.

3. Kentang goreng telur dan alpukat

Goreng roti gandum utuh hingga berwarna cokelat keemasan. Hancurkan setengah buah alpukat dan oleskan pada roti panggang. Taburkan telur rebus, garam, merica, dan sedikit air jeruk nipis

4. Smoothie

Dalam blender, campurkan secangkir buah beku, setengah cangkir yogurt Yunani, segenggam bayam atau kangkung, dan secangkir susu atau jus. Aduk hingga rata, jika perlu tambahkan lebih banyak cairan untuk mencapai kekentalan yang diinginkan.

5. Puding biji chia

Dalam mangkuk atau panci, campurkan seperempat cangkir biji chia, secangkir susu (atau alternatif susu) dan pemanis sesuai selera. Tutup dan dinginkan semalaman hingga campuran mengental, atau setidaknya dua jam. Taburi dengan buah cincang atau beri sebelum disajikan.

Baca Juga  Diduga korupsi dana Samisade, Lurah Tonjong dinonaktifkan sementara oleh Pemkot Bogor.

6. Pancake gandum utuh

Dalam mangkuk pencampur, campurkan satu cangkir tepung gandum utuh, satu sendok makan madu, satu sendok teh baking powder, sedikit garam, satu telur kocok, dan susu secukupnya untuk membuat adonan halus.

iklan

Panaskan wajan anti lengket dengan api sedang dan lapisi dengan minyak atau semprotan masak. Untuk membuat setiap pancake, tuangkan seperempat cangkir adonan ke dalam wajan dan masak hingga terbentuk gelembung di atasnya, lalu balik hingga sisi lainnya berwarna cokelat keemasan.

7. salad quinoa

Bilas secangkir quinoa dengan air dingin, lalu masak sesuai petunjuk kemasan. Dalam mangkuk besar, campurkan quinoa matang dengan sayuran cincang, bumbu, jus lemon, garam, dan merica. Kocok untuk menggabungkan.

8. Hummus dan stik sayuran

Sajikan hummus yang dibeli di toko atau buatan sendiri dengan berbagai sayuran, seperti wortel, seledri, mentimun, dan paprika.

9. Kerupuk gandum utuh dengan keju cottage

Oleskan kerupuk gandum utuh dengan keju cottage dan taburi dengan tomat, mentimun, atau lobak yang dipotong dadu.

10. Gigitan energi

Dalam mangkuk pencampur, campurkan secangkir oat, setengah cangkir selai kacang, seperempat cangkir madu, dan bahan tambahan seperti biji chia, buah kering, atau keping coklat. Aduk hingga tercampur rata, lalu gulung menjadi bola-bola seukuran gigitan. Kemudian letakkan bola-bola tersebut di atas loyang yang dilapisi perkamen dan dinginkan setidaknya selama 30 menit sebelum disajikan.

Camilan ini dapat memberikan keseimbangan karbohidrat, protein, lemak sehat, serat, vitamin dan mineral untuk menjaga tingkat energi sepanjang hari puasa. Selain itu, sesuaikan ukuran porsi sesuai kebutuhan dan kesukaan pribadi serta keringkan tubuh secara menyeluruh saat sahur untuk mencegah dehidrasi di siang hari.

Baca Juga  Gunung Merapi Lontarkan 3 Guguran Lava Pijar Sejauh 1,5 Kilometer dan Alami 27 Gempa Guguran

Pilihan Editor: Pola makan sehat untuk sahur dan berbuka puasa di bulan Ramadhan, jelas ahli gizi



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *