Babak Baru Perang Israel Melawan Hamas: Beginilah Ancaman Iran Akan Blokir Laut Mediterania

Uncategorized55 Dilihat

TEMPO.CO, Jakarta – Komandan Garda Revolusi Iran Dia mengatakan Laut Mediterania bisa ditutup jika Amerika Serikat dan sekutunya terus melakukan “kejahatan” di Gaza. Hal ini diberitakan media Iran pada Sabtu pekan lalu.

Iran diketahui mendukung Hamas dalam menentang pendudukan Israel dan menuduh Amerika Serikat mendukung kejahatan Israel di Gaza. Jalur Gaza telah dibombardir selama lebih dari dua bulan, menewaskan puluhan ribu orang dan memaksa sebagian besar penduduk meninggalkan rumah mereka.

“Segera, mereka berencana memblokir Laut Mediterania, Selat Gibraltar, dan jalur air lainnya,” kata Brigadir Jenderal Mohammad Reza Naqdi, koordinator Garda Tasnim. ReutersMinggu, 24 Desember 2023.

Sementara itu, milisi Houthi yang bersekutu dengan Iran di Yaman menyerang kapal-kapal komersial yang melintasi Laut Merah bulan lalu, memaksa beberapa perusahaan pelayaran mengalihkan rute. Ia mengatakan, hal ini merupakan balas dendam atas serangan Israel di Gaza.

Pada Jumat, 22 Desember 2023, Gedung Putih menyatakan Iran sangat terlibat dalam perencanaan operasi terhadap pelayaran dagang di Laut Merah. Dukungan Iran terhadap pemberontak Yaman mencakup senjata dan intelijen taktis, kata Gedung Putih.

Ia tidak memiliki akses ke Laut Mediterania

iklan

Iran sendiri tidak memiliki akses langsung ke Laut Mediterania. Meskipun Naqdi berbicara tentang lahirnya kekuatan pertahanan baru dan penutupan saluran air lainnya, tidak jelas bagaimana Garda Revolusi berhasil menutupnya.

“Kemarin Teluk Persia dan Laut Hormuz menjadi mimpi buruk bagi mereka, dan hari ini mereka terjebak di Laut Merah,” kata Naqdi. Di antara kelompok yang didukung Iran di Mediterania adalah Hizbullah Lebanon dan milisi sekutunya, yang terletak di dekat Selat Gibraltar di Suriah.

Reuters
Pilihan Editor: AS menuduh Iran berada di balik serangan Houthi di Laut Merah.

Baca Juga  Pengalaman sekali seumur hidup menjelajahi Kazakhstan, melihat sejarah dan bermain ski



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *