Anis Basedan berbicara tentang oposisi yang menggagalkan rencana pemerintah negara bagian Dikei untuk menjual saham bir.

Uncategorized58 Dilihat

TEMPO.CO, Jakarta – Calon presiden nomor urut 1 Anis Basedan kembali angkat bicara soal oposisi di negara demokrasi.

Anis mengaku merasakan bagaimana menghadapi oposisi saat menjabat Gubernur Diki Jakarta. Rencana Pemerintah Kabupaten Dickey untuk menjual saham perusahaan bir tersebut ditolak dan tidak mendapat dukungan dari oposisi yang dikuasai PDIP.

Pengumuman itu disampaikannya dalam acara Desak Anyes yang diselenggarakan bersama Total Politik dan Perubahan di Hotel Ariaduta, Jakarta pada Jumat, 22 Desember 2023.

Saat Anyus menjabat Gubernur DKI, Pemkab Diki menjual saham bir di PT Delta Jakarta karena keuntungannya tidak terlalu menguntungkan. Ketua DPRD DKI saat itu, Prasetio Edi Marsudi, politikus PDIP, menolak rencana Anyus karena menilai tidak ada masalah kepemilikan saham di PT Delta.

“Kalau pemerintah tidak punya kekuasaan di dewan, kita juga menghadapi masalah,” kata Anius di hadapan peserta pada Jumat, 22 Desember 2023.

Anis menilai semua rencana pemerintah tidak harus mendapat persetujuan dari PDP dan tidak boleh dihambat. Ia mengibaratkan, saat Dikki DPRD tidak diterima oleh Pemkab Dikki yang pernah dipimpinnya.

Menurutnya, salah satu fungsi pemerintah adalah melaksanakan pembangunan. Anius menjelaskan, pemerintah bisa memiliki perusahaan yang mendukung pembangunan.

Tapi kalau pemerintah punya perusahaan bir, saya tanya perkembangannya di mana.

Aeneas memperkirakan bahwa pendapatan sebesar $1,2 triliun dari perusahaan bir pada saat itu dapat digunakan untuk membiayai pembangunan alih-alih disimpan sebagai saham perusahaan bir. Sebab, belum ada aktivitas pengembangan di tempat pembuatan bir tersebut.

iklan

Saat itu, jelas Anius, dirinya tengah kesulitan menjual saham bir ke DPR. Namun karena kami tidak punya kewenangan di DPD dan Ketua DPD adalah PDIP dari partai lain, akhirnya diblokir dan tidak diselesaikan, ujarnya.

Baca Juga  Beginilah nasib gelandang asal Korea Selatan Lee Kang-in usai pertarungannya dengan Son Heung-min.

Dalam debat capres perdana, Selasa, 12 Desember 2023, Anyus menyebut sosok tak nyamannya Prabowo Subianto sebagai oposisi dan bergabung di pemerintahan Presiden Joko Widodo atau Jokowi.

“Oleh karena itu, lawan adalah hal yang penting dan sama-sama dihormati. Sayangnya tidak semua orang bisa menjadi lawan. Katanya (Prabowo), kalau tidak berkuasa, tidak bisa berbisnis, tidak bisa mencoba. Karena dia harusnya berkuasa, kata Anis saat debat calon presiden di Kantor KPU RI, Jakarta, Selasa, 12 Desember 2023.

Mendengar pernyataan tersebut, Prabowo berdiri di panggung debat dan menunjukkan pernyataan berbeda. Aeneas melanjutkan, kekuasaan bukan hanya urusan bisnis dan korporasi, tapi untuk menegakkan kedaulatan rakyat.

“Kekuasaan lebih dari sekedar bisnis dan uang. Kekuasaan adalah kehormatan menjaga kedaulatan rakyat,” ujarnya.

Demikian tanggapan Anis atas pernyataan Prabowo yang menyatakan Anis tidak akan menjadi Gubernur Diki Jakarta periode 2017-2022 jika demokrasi tidak berjalan baik.

Prabowo menambahkan, jika Jokowi otoriter, maka mustahil Partai Gerindra bisa mengalahkan Anis di Pilgub Diki Jakarta 2017. Keberatan Pemerintah melawan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) yang mengusung Basuki Tajaja Purnama atau Ahok.

Pilihan Editor: Pemerintah Kabupaten Dickie Hapuskan Biaya Apartemen, Gratis Sewa Apartemen Masih Berlaku Hingga Juni 2024



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *