Amerika Serikat menolak tuduhan bahwa Israel melakukan genosida di Gaza dan menganggapnya tidak berdasar.

Uncategorized1209 Dilihat

TEMPO.CO, JakartaAmerika Serikat Saya belum meninjau tindakan apa pun. Israel di dalam Gaza Itu sama saja dengan genosida, kata juru bicara Departemen Luar Negeri Matthew Miller pada konferensi pers pada Rabu, 3 Januari 2024.

Gedung Putih meninjau permohonan Afrika Selatan ke Mahkamah Internasional pada hari yang sama.ICJ) Tuduhan bahwa Israel melakukan genosida di Gaza tidak berdasar.

“Tuduhan tersebut tidak boleh dianggap enteng, dan sejauh menyangkut Amerika Serikat, kami tidak melihat tindakan genosida (Israel),” kata Miller pada konferensi pers reguler.

Afrika Selatan 29 Desember 2023 Aksi Israel Melawan Hamas Tahun 2023

Israel menanggapinya dengan mengatakan pihaknya akan hadir di hadapan ICJ di Den Haag, Belanda, ketika proses hukum dimulai minggu depan. Juru bicara Israel Eilon Levy menjelaskan pertanyaan itu pada hari Selasa. Pencemaran nama baik darah (fitnah darah), ungkapan yang digunakan untuk menuduh orang Yahudi.

Di masa lalu, Israel menyebut genosida itu “tidak berdasar” dan mengatakan Hamas menggunakan warga Palestina sebagai tameng manusia dan mencuri pasokan bantuan kemanusiaan. Tuduhan ini telah dibantah oleh Hamas.

Amerika sependapat dengan Israel dalam masalah ini. Ketika ditanya tentang komentar Washington mengenai permintaan Afrika Selatan pada konferensi pers Gedung Putih, Koordinator Komunikasi Strategis Dewan Keamanan Nasional AS John Kirby mengatakan: “Kami menganggap permintaan ini tidak pantas, kontraproduktif, dan sama sekali tidak berdasar.”

ICJ telah menjadwalkan sidang atas permohonan Afrika Selatan pada 11 dan 12 Januari 2024. Israel telah menyatakan bahwa mereka akan membela diri terhadap tuduhan tersebut.

iklan

Sejak 7 Oktober 2023, kampanye militer Israel di Gaza telah menewaskan lebih dari 22.000 warga Palestina, menghancurkan sebagian besar wilayah tersebut, dan menyebabkan 2,3 juta penduduknya berada dalam krisis kemanusiaan.

Baca Juga  Maskapai asal India ini membatalkan 85 penerbangan karena cuti massal awak kabin.

Miller mengatakan dia tidak dihukum atas kejahatan perang atau kejahatan terhadap kemanusiaan.

Meskipun menyetujui permohonan Afrika Selatan dengan Israel, Washington pada hari Selasa mengkritik dua menteri Israel karena mendukung pemukiman kembali warga Palestina di luar Gaza. Israel telah meyakinkan para pejabat AS bahwa pernyataan Departemen Luar Negeri AS tidak mencerminkan kebijakan Israel.

Menteri Keuangan Israel Bezalel Smotrich pada Sabtu 30 Desember 2023 menyerukan warga Palestina di Gaza untuk meninggalkan wilayah yang terkepung. Menteri Keamanan Nasional Itamar Ben-Givir sepakat bahwa perang di Gaza “memberikan kesempatan untuk fokus mendorong migrasi masyarakat Gaza.”

Pilihan Editor: ICJ mengadakan sidang pertamanya mengenai genosida Israel di Gaza pada 11 Januari.

Reuters



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *